Teori Yang Berhubungan Dengan Materi Metode Ilmiah

Teori Yang Berhubungan Dengan Materi Metode Ilmiah

Teori Yang Berhubungan Dengan Materi Metode Ilmiah

Teori Yang Berhubungan Dengan Materi Metode Ilmiah
Teori Yang Berhubungan Dengan Materi Metode Ilmiah

PENGERTIAN

Metode merupakan langkah atau cara seseorang dalam melakukan suatu kegiatan untuk mempermudah dalam memecahkan suatu masalah secara teratur, sistematis, dan terkontrol. Sedangkan ilmiah adalah suatu keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara alami berdasarkan bukti fisik. Jadi metode ilmiah adalah suatu proses keilmuan dalam melakukan proses ilmiah untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik.

Pengertian metode ilmiah menurut beberapa ahli :

(Almack, 1939) Metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.

(Ostle, 1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.

 

TAHAPAN METODE ILMIAH

  1. Memilih dan mendefinisikan masalah
  2. Survei data yang tersedia
  3. Merumuskan hipotesis (bila penelitian bertujuan menguji hipotesis)
  4. Menyusun kerangka analisa dan alat-alat dalam menguji hipotesis
  5. Mengumpulkan data
  6. Mengolah, menganalisa dan membuat interpretasi
  7. Generalisasi dan membuat kesimpulan
  8. Membuat laporan penelitian

TUJUAN METODE ILMIAH

  1. Mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.
  2. Merupakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis.
  3. Untuk mencari ilmu pengetahuan yang dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang relevan, analisis data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.

 

SIKAP ILMIAH

PENGERTIAN

Menurut Allen Ledward adalah “An attitude as degree of positive or negative affect associated with some pychological objects” yang artinya dimana sikap berkaitan dengan obyek yang disertai dengan persaan positif atau perasaan negatif. Jadi sikap ilmiah adalah sikap keilmuan (scientific attitude).

Sikap ilmiah merupakan suatu sikap tanggung jawab yang harus ada pada diri seorang ilmuwan ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Yang dimaksud ke dalam sikap ilmiah itu adalah :

  1. Sikap ingin tahu. Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan saat bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya.
  2. Sikap kritis. Sikap kritis ini terlihat pada kebiasaan kita dalam mencari informasi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan bidang kajiannya untuk dibanding-banding kelebihan-kekurangannya, kecocokan-tidaknya, dan kebenaran-tidaknya.
  3. Sikap terbuka. Sikap terbuka ini terlihat pada kebiasaan mau mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada akhirnya pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain tersebut tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.
  4. Sikap objektif. Sikap objektif ini terlihat pada kebiasaan menyatakan apa adanya, tanpa diikuti perasaan pribadi.
  5. Sikap rela menghargai karya orang lain. Sikap menghargai karya orang lain ini terlihat pada kebiasaan menyebutkan sumber secara jelas sesuai dengan pernyataan yang ia sampaikan benar memang berasal dari pernyataan orang lain.
  6. Sikap berani mempertahankan kebenaran. Sikap ini menampak pada ketegaran membela fakta dan hasil temuan lapangan walapun bertentangan dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  7. Sikap menjangkau ke depan. Sikap ini dibuktikan dengan selalu ingin membuktikan hipotesis yang disusunnya demi pengembangan bidang ilmunya.

 

Dalam melakukan penulisan ilmiah kita tidak dianjurkan memiliki sikap yang lebih menonjolkan diri dan tidak mau menghargai pendapat orang lain, tidak boleh memiliki sikap keragu-raguan, putus asa, dan acuh terhadap suatu kasus yang tengah dihadapi.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11142-rumus-volume-tabung