Tempat-tempat ziarah di Mekkah dan sejarahnya

Tempat-tempat ziarah di Mekkah dan sejarahnya

Tempat-tempat ziarah di Mekkah dan sejarahnya

Tempat-tempat ziarah di Mekkah dan sejarahnya
Tempat-tempat ziarah di Mekkah dan sejarahnya

Tempat bersejarah dalam perjalanan agama islam di mekkah apa sajakah itu, di antaranya, Gua Hira Di jabal Nur, Gua Tsur di jabal Tsur, Jabal Rahmah, dan masjid jin.

Tempat-tempat ziarah di Mekkah dan sejarahnya

Gua Hira Di jabal Nur

Disebelah utara Masjidil Haram kurang lebih 6 kolometer terdapat sebuah gunung, yang di sebut jabal Nur.

Untuk mendaki ke atas memerlukan waktu kurang lebih 1 jam, disana terdapat sebuah gua yang cukup untuk duduk kurang lebih 4 orang tingginya di dalam setinggi orang berdiri.

Gua tersebut di kenal dengan nama Gua Hira. Jabal Nur dan Gua hira ini sangat penting dalam sejarah umat Islam,karna di gua hira inilah tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yan petama, yaitu surat Al-Alaq dari ayat 1 s.d 5.

Gua Tsur di jabal Tsur

Disebelah selatan Masjidil Haram sejauh kurang lebih 6 kilometer terdapat jabal Tsur. Jabal Tsur ini mempunyai nilai penting dalam sejarah umat Islam.

Rasulullah SAW bersama-sama dengan Abu Bakar Assidiq pernah menyembunyikan dirinya di gunung tersebut waktu hendak hijrah ke madinah.

Menerut riwayat , setelah Rasulullah SAW selamat dari kepungan orang kafir Quraisy di rumahnya, maka beliau dengan diam-diam menyinggahi sahabat Abu Bakar Assiddiq.

Dari rumah Abu Bakar beliau bersama-sama dangan Abu Bakar lebih dahulu berlindung menyembunyikan dirinya di Jabal Tsur kemudian menuju Madinah.
Sebagian orang-orang kafir Quraisy waktu mengajar Rasulullah SAW ada yang telah sampai di Gua Tsur, mereka mendapatkan gua tersebut, tertutup dengan sarang laba-laba, dan Nampak burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya.

Dengan melihat keadaan ini, mereka berkesimpulan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak mungkin bersembunyi di Gua tersebut.

Sewaktu orang-oarng Quraisy di muka gua, bukan maim camas hati Abu Bakar Assidiq. Setelah orang kafir Quraisy pergi maka beberapa hari kemudian, nabi dan Abu Bakar Assiddiq berangkat menuju Madinah dangan selamat.
Jika Ingin Masuk ke dalam gua tersebut harus dangan merangkak dan setelah masuk hanya cukup untuk duduk saja.

Untuk mencapai Gua Tsur ini memerlukan perjalanan mendaki selama 1 setengah jam.

Jabal Rahmah

Di tengah-tangah padang arafah terlihat sebuah bukit yang atasnya terdapat tugu, bukit tersebut bernama Jabal Rahmah.

Menurut riwayat sewaktu Nabi Adam A.S dan Siti Hawa turun dari surga, keduanya terpisah dalam kurun waktu yang cukup lama sampai 100 tahun. Selama itu mereka saling mencari, dan akhirnya bertemu di padang Arafah tepatnya di jabal Rahmah.

Masjid Jin

Masjid Jin terletak di dekat Ma’la.
Dinamakan masjid Jin, karena ada sekelompok Jin (kelompok Zuwaima’ah, Ham Bin Him Bin Iyas Bin Iblis) sepakat berbai’at mengakui Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

Masjid Jin ini ada kaitannya dengan riwayat yang di firmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Jin ayat 1-2.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html