tokomodemku Posted on 5:49 am

Syarat dan Fungsi Pasar

Syarat dan Fungsi Pasar

  1. Syarat-syarat terbentuknya pasar:
  2. Terdapat penjual dan pembeli.
  3. Adanya barang atau jasa yang diperjual belikan.
  4. Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli dalam menentukan harga pasar.
  5. Fungsi pasar

Ada tiga fungsi yang paling mendasar pada keberadaan pasar, yakni :

  1. Fungsi Distribusi maksudnya pasar berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Dalam fungsi distribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
  2. Fungsi Pembentukan Harga maksudnya pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
  3. Fungsi Promosi maksudnya pasar digunakan sebagai ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel, dll.
  1. Jenis-Jenis Pasar

Adapun jenis-jenis pasar secara umum adalah :

  1.  Pasar Konsumen

Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dujual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis).

  1. Pasar Produsen

Pasar produsen juga disebut pasar industri atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu, lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi produk akhir yang kemudian di jual atau disewakan.

  1. Pasar Penjual/Pedagang Perantara (Reseller Market)

Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba. Hanya saja, barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan langsung dijual kembali.

 

Sumber :

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/07/08/jasa-penulis-artikel/