Strategi Pembuatan Antar Muka Grafis Berbasiskan WIMP
tokomodemku Posted on 12:31 am

Strategi Pembuatan Antar Muka Grafis Berbasiskan WIMP

Strategi Pembuatan Antar Muka Grafis Berbasiskan WIMP

Strategi Pembuatan Antar Muka Grafis Berbasiskan WIMP
Strategi Pembuatan Antar Muka Grafis Berbasiskan WIMP

Yaitu antar muka yang merupakan ragam default dari sebagian besar aplikasi sistem komputer saat ini.

WIMP adalah ragam interaksi yang berbasis pada :

a. Window

Adalah area pada layar yang mempunyai sifat seperti terminal yang independent. dapat terdiri dari teks atau grafis. Dapat saling overlap dan menutupi yang lain, atau tersusun seperti keramik lantai. Fasilitas scrollbars memungkinkan pengguna untuk menggerakkan isi window ke atas-bawah atau menyampin dengan title bars yang menunjukkan nama windowWindowdapat ditutup menjadi semacam representasi kecil, sehingga dapat memuat/mengaktifkan  banyak window.

b. Icon

Icon Berupa lukisan atau gambar berukuran kecil mewakili suatu obyek dalam antarmuka, dapat suatu window atau tindakan. Icon dapat bervariasi, mulai dari simbol yang abstrak sampai gambaran  realitas

c. Menu

Menu berupa pilihan operasi atau fungsi yang disediakan pada layar. Pemilihan pada menu dilakukan dengan menggunakan pointer. Kelemahan: menu dapat memakan ruang layar. Solusi: menu hanya muncul saat dibutuhkan.

d. Pointer / Pull Up (Down)

Pointer Merupakan komponen penting. Ragam WIMP bertumpu pada proses penunjukkan dan pemilihan sesuatu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse atau dapat juga menggunakan joysticktrackball, atau tombol panah pada keyboard.

  1. a. Komponen tambahan

Beberapa komponen tambahan dalam model WIMP, diantaranya :

a)   Button (tombol) :

  • radio button :

kumpulan pilihan yang harus memilih salah satu, tak boleh lebih dari 1

  • check box :

kumpulan dari pilihan-pilihan yang boleh memilih 1/lebih dari 1

b)  Pallettes (palet) : kumpulan kemungkinan mode yang tersedia, ditambah mode yang aktif saat itu, biasanya adalah sekumpulan icon yang ditata secara berdampingan (tiled icons) contoh : paket untuk menggambar memiliki palet yang mengindikasikan apakah kotak, lingkaran, garis atau teks yang akan digambar, dan yang lain lagi mengindikasikan warna-warna yang tersedia pada paket tersebut.

c)  Combo box, list box

d)   Kotak dialog : jendela yang berisi informasi penting, seperti pada saat user akan menyimpan file, maka muncul kotak dialog untuk memberi nama file tersebut. Setelah file disimpan, kotak dialog selesai tugasnya dan menghilang dari layar.

e)   Kotak peringatan, muncul untuk memberitahu kesalahan atau tuntunan

Sumber : https://downloadapk.co.id/