SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA
tokomodemku Posted on 2:55 pm

SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA

SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA

SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA

Tujuan utama adanya

suatu sistem pemerintahan adalah untuk kestabilan dalam masarakat. Menjaga kestabilan tersebut cakupannya luas, meliputi beberapa masalah pokok di dalam masyarakat.

Masalah tersebut antara lain meliputi, menjaga tingkah laku kamu minoritas dan mayoritas, menjaga kekuatan politik, ekonomi, keamanan dan pertahanan. Sistem tersebut merupakan serangkaian cara yang digunakan untuk mengatur segala yang berhubungan dengan kepemerintahan dan kenegaraan.

Segala peraturan yang masuk dalam sistem berkaitan dengan sekumpulan aturan dasar pola kepemerintahan, pola pengambilan kebijakan dan pola pengambilan keputusan. Semua negara memiliki sistem tertentu untuk menjalankan roda kepemerintahan.

Dipilihnya suatu sistem kepemerintahan bertujuan agar segala sesuatu menjadi jelas dan terarah, apabila negara dibentuk dengan sistem yang tidak jelas maka tidak akan mungkin dapat mengatur dan mengelola negara tersebut, negara dan kepemerintahan memang butuh aturan yang mengikat antara satu dengan yang lain.

Suatu negara juga dapat memilih dan menentukan sistem kepemerintahannya sendiri, tentunya yang sesuai dengan negara tersebut Terdapat beberapa sistem pemerintahan di dunia, yaitu sistem pemerintahan presidensial, parlementer, semi presidensial, liberal, demokrasi liberal dan komunis.

Semua jenis sistem pemerintahan yang ada tersebut masing-masing memiliki karakteristik, kelebihan dan kelemahan, hal itu juga disesuaikan dengan kondisi di setiap negara yang ada di dunia, dimana setiap negara mempunyai pandangan sendiri-sendiri mengenai sistem kepemerintahan.

Begitu pula dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, semenjak proklamasi kemerdekaan 1945 Indonesia telah beberapa bergonta-ganti sistem kepemerintahan. Pergantian tersebut berakhir ketika keluarnya dekrit presiden pada 5 Juli 1959, sejak saat itu Indonesia menggunakan sistem presidensial.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/