SEJARAH RENANG DALAM BUKU DIALOG
tokomodemku Posted on 5:15 pm

SEJARAH RENANG DALAM BUKU DIALOG

SEJARAH RENANG DALAM BUKU DIALOG

SEJARAH RENANG DALAM BUKU DIALOG

Buku itu yang berjudul

“perenang atau dialog mengenai seni berenang (der schwimmer oder ein zwiegesprach uber die schwimmkunst). Sebuah perlombaan renang di eropa yang dimulai pada sekitar tahun 1800an, perlombaan tersebut dibangun setelah kolam renang. Pada waktu itu memang sebagian besar perserta dalam berenang akan menggunakan gaya dada sebagai permulaan sejarah.

Sedangkan pada tahun 1873, seorang pria yang bernama john arthur trudgen yang telah berhasil memperkenalkan ke khalayak umum, sebuah gaya berenang rangkak depan atau gaya trudgen yang saat ini telah dikenal luas sebagai renang gaya bebas. trudgen memang sebuah gaya yang meniru gaya renang  dari suku indian di amerika selatan.

Renang juga telah menjadi salah satu cabang dari olahraga pada Olimpiade Athena pada tahun 1896. Selain itu juga dimulai tahun ini maka juga bermunculan banyak sekali atlet renang yang mengikuti perlombaan-perlombaan Olimpiade Athena. Pada tahun 1900 sendiri, gaya punggung tersebut memang telah dijadikan sebagai nomor baru di renang Olimpiade dunia.

Pada tahun 1908 telah dibentuk juga organisasi bernama persatuan renang dunia atau Federation Internationale de Natation (FINA). Gaya yang terkenal saat itu adalah gaya kupu-kupu yang kita kenal saat ini sebagai pengembangan dari gaya dada, namun di tahun 1952 gaya kupu-kupu tersebut telah diterima sebagai gaya tersendiri oleh masyarakat dunia.


Sumber: https://half-lightmovie.com/z-city-apk/