tokomodemku Posted on 8:43 pm

Sejarah Majapahit Awal Berdirinya

Sejarah Majapahit Awal Berdirinya

  • Sejarah Majapahit – Berawal Dari Kerajaan Singasari 


Sejarah Majapahit
 berawal dari Kerajaan Singasari yang didirikan oleh Ken Arok. Kejayaan Singasari sebagai kerajaan terbesar yang menguasai Pulau Jawa pada masa itu membuat Raja Kubilai Khan dari Kerajaan Tiongkok ingin menarik upeti darinya.

Kertanegara yang saat itu sebagai raja menolak mentah-mentah permintaan itu dan mempermalukan utusan Raja Kubilai Khan dengan memotong telinga sang utusan. Tentu saja ini membuat Kubilai Khan marah, dan melancarkan serangan besar-besaran ke Singasari. Namun ketika serangan dari Kerajaan Tiongkok tiba, Singasari telah diperintah oleh Jayakatwang (Adipati Kediri) yang telah membunuh Kertanegara. –Sejarah Majapahit

  • Sejarah Majapahit – Runtuhnya Singasari, Awal Berdirinya Majapahit 

Raden Wijaya (menantu Kertanegara) yang telah menyerah dan diampuni oleh Jayakatwang akhirnya diberi tanah di hutan Tarik dan medirikan sebuah Desa yang dinamai “Majapahit”. Nama tersebut diberikan berdasarkan dari nama Buah Maja yang rasanya memang pahit, yang banyak tumbuh disana.

Ketika pasukan Mongol dari Tiongkok datang menyerbu Singasari, Raden Wijaya berkomplot dengan mereka untuk bersama menghancurkan Jayakatwang. Akhirnya Jayakatwang berhasil dibunuh. Namun secara mengejutkan kemudian pasukan Raden Wijaya berbalik menyerang pasukan Mongol hingga hancur dan sisanya lari kembali ke negaranya.

Setelah itu pada tanggal 15 bulan Kartika Tahun 1215 Saka, Raden Wijaya dinobatkan menjadi Raja Majapahit yang pertama dengan nama Kertarajasa Jayawardhana. Tanggal yang dalam hitungan masehi adalah 10 November 1293 itu kemudian dalam sejarah Majapahit dijadikan sebagai patokan berdirinya kerajaan Majapahit.

Di tahun 1309 Raden Wijaya meninggal dan digantikan oleh putranya yaitu Jayanegara, yang pada tahun 1328 dibunuh oleh tabibnya sendiri. Gayatri Rajapatni yaitu Ibu tiri-nya harus menggantikan tahta kerajaan. Namun beliau memilih untuk menjadi Bhiksuni, dan akhirnya menunjuk anak perempuannya Tribhuwana Wijayatunggadewi sebagai Ratu di Kerajaan Majapahit. –Sejarah Majapahit

sumber :

https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/