SEJARAH KAIN TILE
tokomodemku Posted on 4:34 pm

SEJARAH KAIN TILE

SEJARAH KAIN TILE

SEJARAH KAIN TILE

Kain ini pertama kali dibuat

dan sangat terkenal di kota yang terletak di Perancis bagian tengah ke selatan. Pada saat itu, kain ini disebut dengan Tulle dan digunakan untuk memproduksi renda dan terbuat dari sutra. Pada jaman itu, kain ini termasuk kain yang diperuntukkan untuk kaum menengah keatas saja.

Proses produksi kain Tile ini terjadi pada abad ke-18. Jadi asal usul dari kain ini memang berasal dari Perancis. Sedangkan bahan Tile dengan tipe jarring-jaring pertama kali muncul pada balet-balet yang ada di Paris. Kain ini sangat gencar digunakan untuk seni pertunjukan itu dibandingkan dengan negara lainnya.

Hanya saja asal usul dari bahan Tile adalah bobbinet. Kain yang disebut dengan bobbinet ini pertama kali ditemukan dan dibuat di Inggris pada awal abad ke-19. Kain bobbinet dibuat dengan cara melilitkan benang pakan di sekeliling benang lungsin.

Hal tersebut akan membentuk desain heksagonal yang bersifat kuat, tidak mudah memuntir, dan juga tidak jatuh ke badan. Karakteristik kain seperti itu terbentuk akibat benang lungsin yang dililit benang pakan mampu mempertahankan bentuknya.

Teknik tersebut juga membuat bahan Tile memiliki sifat ringan, kuat, dan memiliki ketahanan yang baik berdasarkan beratnya. Walaupun demikian, kain Bobbinet dan kain Tile adalah dua kain yang berbeda. Jika Anda masih bingung, mari simak pembahasan pada subjudul berikutnya.

Berdasarkan beberapa sumber, Anda akan dapat membaca bahwa orang Yunani kuno juga menggunakan berbagai jubah dan juga kerudung tipis yang diikatkan ke kepala dengan menggunakan bunga. Namun, lama-kelamaan kain tersebut menghilang.

Jadi dapat dikatakan juga bahwa asal usul dari kain Tile ini sedikit agak kabur atau belum diketahui secara pasti, karena tidak adanya catatan sejarah dengan pasti mengenai hal ini. Hanya saja yang jelas adalah pada tahun 1840 Raja Victoria mengenakan pakaian dengan kain Tile sebagai gaun pernikahan dengan warna yang cerah.

Sejak hari itu, kain Tile menjadi populer digunakan sebagai bahan untuk membuat gaun pernikahan. Kemudian, desainer kalangan atas asal Paris yang bernama English F. Worth merilis topi berkerudung yang dibuat dari bahan Tile pada akhir abad ke-19.

Yang jelas penggunaan topi berkerudung ini menjadi penanda strata sosial dan setiap wanita yang menggunakannya identik dengan orang kaya. Sedangkan versi warna hitam menjadi tanda sedang ada kerabat atau teman yang meninggal.

Setelahnya baru bahan Tile digunakan sebagai bahan untuk membuat rok tutu yang biasa digunakan oleh penari balet. Kemudian, penggunaan dari kain Tile ini semakin berkembang ke berbagai macam bidang sampai dengan hari ini.

Hanya saja bahan yang digunakan untuk membuat kain Tile ini menjadi semakin bervariasi dan tidak hanya terpatok dari bahan sutra saja. Ada bahan Tile yang terbuat dari katun, wol, dan polyamide. Bahkan variasi warna yang ada juga semakin bermacam-macam.


Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/surgeon-simulator-apk/