Program Kejar Paket B
tokomodemku Posted on 12:46 pm

Program Kejar Paket B

Program Kejar Paket B

Program Kejar Paket B

  1. Tujuan Program

Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap warga belajar sehingga dapat memiliki pengetahuan , keterampilan dan sikap yang setara dengan lulusan SLTP

  1. Warga Belajar

Peserta program paket B setara SLTP adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah dan paket A setara SD yang dibuktikan dengan ijazah
  2. Drop out SLTP/MTs yang dibuktikan dengan surat keterangan/raport dari sekolah
  3. Prioritas dari keluarga yang tidak mampu
  4. Tutor

Tutor terdiri dari tutor mata pelajaran dan tutor keterampilan dengan syarat sebagai berikut:

  1. memiliki ijazah minimal D2 jurusan kependidikan
  2. menguasai subtansi materi yang akan diajarkan
  3. sehat jasmani dan rohani
  4. menguasai teknik pembelajaran partisipatif
  5. mampu mengelola pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan
  6. memiliki komitmen terhadap tugasnya sebagai tutor
  7.      Pengelola Program

Pengelola adalah orang yang memiliki kepedulian dibidang pendidikan luar sekolah, yang ditunjuk untuk berperan sebagai koordinator dan sekaligus dapat berfungsi sebagai fasilitator dan tutor. Pengelola membawahai 1-3 penyelenggara paket B, semua tutor dan fasilitator bertugas sebagai berikut:

  1. menyusun rencana program pembelajaran
  2. mengorganisasikan penyelenggaraan pragram
  3. memonitor penyelenggara program
  4. memberikan bimbingan teknis dan administratif dalam penyelenggaraan program kejar paket B
  5. memberi bimbingan teknis kepada tutor dalam menyusun program pengajaran, penggunaan, modul dan membina para tutor
  6. mengusahakan kebutuhan fasilitas yang diperlukan seperti tenaga fasilitator untuk bidang studi kesenian, agama, keterampilan dsb
  7. menyusun laporan tentang kemajuan penyelengaraan kejar paket B yang menjadi binaanya minimal 1×1 bulan dan dikirim kepada penilik PLS
  8. Penyelenggara

Yang dimaksud penyelenggara adalah lembaga yang memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan program pembelajaran, seperti Lembaga Masyarakat, Lembaga Kursus, Pondok Pesantren, Yayasan, Badan Hukum dan Badan Usaha, Organisasi Kemasyarakatan Sosial dan Profesi.

Syarat penyelenggara

  1. memahami program paket B setara SLTP
  2. memiliki pemgalaman dalam mengelola program pendidikan luar sekolah
  3. mampu mengusahakan fasilitas, seperti gedung tempat belajar, meja, kursi belajar yang memadai
  4. mampu mengorganisasikan tenaga kependidikan yang terlibat dalam proses pembelajaran program paket B
  5. mampu mengelola penyelenggaraan pembelajaran pragram paket B
  6. memiliki ijin penyelenggaraan pragram paket B dari kabupaten/kota
  7. Kurikulum

kurikulum paket B terdiri dari kurikulum nasional (inti) dan kurikulum muatan lokal. Kurikulum inti disusun oleh direktorat jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Depdiknas, memuat kompetensi dasar akademik. Kurikulum muatan lokal disusun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menurut kompetensi dasar keterampilan bermata pencaharian yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi warga belajar.

Modul program paket A minimal terdiri dari:

  1. Bahasa Indonesia, 27 modul
  2. matematika, 27 modul
  3. IPA, 27 modul
  4. IPS, 27 modul
  5. Bahasa Inggris
  6. PPKN, 9 modul
  7. Pendidikan Kesegaran Jasmani
  8. Keterampilan Fungsional Praktis

Selain materi diatas warga belajar dapat mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi:

  1. keterampilan mata pencaharian
  2. pramuka/ PMR
  3. Olah raga
  4. Kesenian
  1. waktu

Jumlah jam belajar minimal yang harus terpenuhi untuk keseluruhan mata pelajaran dalam setahun 2.184 jam, atau minimal 42 jam dalam satu minggu.

  1. Sarana dan Prasarana
  2. Sarana belajar terdiri dari : papan tulis, alat-alat tulis, penerangan, papan nama kelompok belajar, kursi, meja, dll. Selain itu diperlukan sarana program pembelajaran terdiri dari: daftar hadir warga belajar, daftar hadir turor, buku tamu, buku administrasi kelompok, jadwal belajar/pertemuan, buku harian untuk menulis laporan kemajuan warga belajar tiap bulan
  3. Prasarana yang dapat digunakan untuk pembelajaran dapat menggunakan/ meminjam rumah penduduk, balai desa, banguna milik swasta/pemerintah, gedung sekolah dan bangunan yayasan.

Sumber:

https://sonymusic.co.id/perubahan-sosial-dan-budaya-dan-karakteristik/