Perekonomian Jawa Barat Semakin Membaik

Perekonomian Jawa Barat Semakin Membaik

Perekonomian Jawa Barat Semakin Membaik

Perekonomian Jawa Barat Semakin Membaik
Perekonomian Jawa Barat Semakin Membaik

BANDUNG-Realisasi laju pertumbuhan ekonomi (LPE)

triwulan II 2016 Jawa Barat sebesar 5,88% (yoy) seiring dengan perkiraan Bank Indonesia sebelumnya serta mengalami akselerasi dibanding pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 5,13%.

Kepala Perwakilan BI Jabar Rosmaya Hadi mengatakan meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi triwulan II 2016 tersebut terutama disebabkan oleh peningkatan kinerja mayoritas komponen PDRB dari sisi permintaan.

“Hal ini seiring dengan semakin membaiknya keyakinan dan daya beli masyarakat serta adanya momentum Bulan Ramadhan yang hampir seluruhnya berlangsung pada triwulan II 2016 dan persiapan menjelang Lebaran,” ujarnya kepada wartawan di Kantor BI Jabar, Kamis (8/9).

Menurutnya konsumsi rumah tangga kembali meningkat serta

masih menjadi sumber pertumbuhan utama pada perekonomian Jawa Barat. Membaiknya pola realisasi belanja/konsumsi pemerintah juga terus berlanjut, tercermin dari tingkat serapan yang lebih baik dibanding periode sama tahun sebelumnya sehingga mendorong konsumsi pemerintah kembali tumbuh meningkat.

Sejalan dengan hal tersebut, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) juga kembali meningkat pada triwulan II, didorong oleh percepatan pembangunan proyek-proyek infrastruktur strategis serta membaiknya persepsi pelaku usaha.

Hal ini tercermin pada meningkatnya kegiatan investasi baik bangunan

maupun non bangunan. Membaiknya kegiatan dunia usaha juga tercermin dari kinerja ekspor dan impor yang mengalami peningkatan cukup signifikan, khususnya dari kegiatan perdagangan (ekspor-impor) antar daerah selama momentum Ramadhan dan menyambut Lebaran.

Dari sisi sektoral, sebagaimana prakiraan Bank Indonesia sebelumnya, lapangan usaha pengolahan dan perdagangan pada triwulan II 2016 tumbuh meningkat sebagai bentuk respon pelaku usaha terhadap menguatnya permintaan konsumen yang didorong momen Ramadhan, Lebaran dan Tahun Ajaran Baru.

Sementara itu, kondisi cuaca relatif normal membuat produktivitas panen meningkat yang mendorong lapangan usaha pertanian tumbuh lebih baik di triwulan laporan. Pada triwulan II 2016, lapangan usaha jasa keuangan mengalami pertumbuhan tertinggi sehingga turut memberikan andil pertumbuhan yang cukup besar pada pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. jo

 

Sumber :

http://forum.detik.com/respirasi-aerob-t2044978.html