Perawatan Harian Tanaman Melon

Perawatan Harian Tanaman Melon

Perawatan Harian Tanaman Melon

 

Perawatan Harian Tanaman Melon
Perawatan Harian Tanaman Melon

a. Penyiraman

Penyiraman dilakukan satu kali sehari , yakni pada pagi atau sore hari menggunakan gembor atau sprayer. Saat buah sudah terbentuk , penyiraman sebaiknya dikurangi menjadi 2—3 hari sekali. Penyiraman yang terlalu berlebih justru dapat mengundang penyakit.

b. Pemupukan

Setelah berumur 6—14 hari tanaman mampu diberi pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 10 gram per tanaman , diulangi setiap 14 hari. Berikan juga pupuk KNO3 dengan dosis 5 gram per tanaman setiap satu bulan sekali. Sebelum diberikan , pupuk dilarutkan dalam 1 liter air. Pemupukan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08.00 untuk menghindari penguapan berlebih.

c. Pengikatan Tanaman

Tanaman yang sudah setinggi 40 cm sebaiknya diikatkan ke ajir. Tujuannya semoga tanaman melon tidak rebah dan mampu merambat pada ajir tersebut. Jika tanaman semakin tinggi , maka pengikatan dilakukan lagi pada batang selanjutnya. Jarak pengikatan pertama dengan pengikatan berikutnya sekitar 40 cm.

d. Pemangkasan

Tipikal pemangkasan pada melon berbeda dengan pemang-kasan tanaman buah pada umumnya. Pemangkasan dilakukan ketika tanaman sudah setinggi 2 meter atau berumur satu bulan , tetapi belum berbunga. Berikut pemangkasan yang biasa dilakukan pada tanaman melon. Pangkas tanaman pada ruas ke-20 atau ke-25 , dihitung dari bawah.
Pangkas juga cabang yang tumbuh pada ruas 1—9. Pemangkasan tidak menghilangkan seluruh cabang , tetapi tetap menyisakan sekitar dua helai daun pertama yang tumbuh. Sebaliknya , cabang yang tumbuh pada ruas 10—13 tetap dipelihara.
Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada siang hari semoga luka bekas kepingan cepat mengering.

e. Seleksi Bunga

Bunga yang tumbuh dari cabang nantinya tidak semua dipelihara. Hanya bunga yang muncul dari cabang 8—9 yang dipelihara. Pembuangan bunga dilakukan dengan cara memotongnya menggunakan gunting steril.

f. Seleksi Buah

Biasanya , setelah 15 hari penyerbukan terjadi , akan tampak pentil atau calon buah. Untuk menerima hasil yang ideal , buah yang muncul juga harus diseleksi. Acuannya , jikalau buah melon berasal dari varietas buah sedang , maka dalam tanaman dapat disisakan dua buah melon. Jarak kedua buah tersebut juga harus berjauhan. Sementara itu , jikalau varietas melon merupakan jenis besar , maka dalam satu tanaman hanya disisakan satu buah melon.

g. Pengikatan Buah

Pada melon , tidak hanya tanaman yang perlu diikat , tetapi buahnya juga. Perlakuan ini dilakukan semoga tangkai tanaman tidak patah ketika buah melon tumbuh membesar. Bagian yang diikat ialah cabang tempat tumbuh buah yang posisinya horisontal. Pengikatan menggunakan sistem simpul atau sistem jangkar yang dikaitkan pada ajir.

Baca Juga: