tokomodemku Posted on 6:19 am

Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan

Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan

Dalam merumuskan suatu strategi, maka terlebih dahulu seorang pengusaha harus melakukan analisis lingkungan dengan maksud untuk menyesuaikan dengan keunggulan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.

Analisis dapat diartikan sebagai cara penelusuran peluang atau ancaman sampai kepangkalnya. Sedangkan analisis lingkungan bisnis adalah suatu proses yang digunakan perencana-perencana strategi untukmemantau lingkungan bisnis dalam menentukan peluang atau ancaman.

  1. Alasan Pentingnya Analisis Lingkungan Perusahaan:
  2. Agar pembuat strategi dapat mengantisipasi setiap kesempatan dan membantu mengembangkan sistempemecahan sedini mungkin terhadap faktor-faktor lingkungan yang dianggap mengancam tujuan perusahaan(early warning systems).
  3. Untuk dapat mengefektifkan proses manajemen strategi, karena dengan melakukan analisis lingkungan yang akandiperoleh lebih efektif.
  4. Untuk membantu manajer suatu perusahaan dalam meramalkan dampak lingkungan bisnis terhadap perkembangan perusahaan. Terkumpulnya berbagai informasi dari lingkungan memudahkan untuk membuat perencanaan jangka panjang.
  5. Beberapa Proses Analisis Lingkungan Perusahaan dilakukan oleh perencanaan strategi:
  6. Menganalisis hubungan antara strategi perusahaan dan tanggapan terhadap lingkungan,yang dapatdipakai sebagai landasan untuk membandingkan strategi yang sedang berjalan dengan strategi yang potensial yangakan datang.
  7. Menganalisis kecenderungan faktor dan masalah utama yang diperkirakan mempunyai dampak pentingterhadap perumusan strategi.
  8. Mencoba meramalkan kemungkinan yang akan terjadi pada masa yang akan datang terhadap lingkunganbisnis.
  9. Komponen Analisis Lingkungan Bisnis
  10. Scanning(Pemindaian)

Melalui pemindaian perusahaan mengidentifikasi tanda-tanda awal dari perubahan potensial dan kecenderungan lingkungan bisnis dalam lingkungan umum, dan mendeteksi perubahan-perubahan yang sedang terjadi. Pemindaian lingkungan merupakan hal penting dan menentukan bagi perusahaan- perusahaan yang bersaing dalam lingkungan yang sangat tidak stabil. Dengan cara ini maka perusahaan dapat meramalkan potensi pasar kedepannya, kaitannya terhadap penetapan target perusahaan terhadap penjualan sebuah produk.

Monitoring (Pengawasan)

Melalui pengawasan perusahaan mendeteksi perubahan dan trend-trend lingkungan melalui observasi yang berkelanjutan atas perubahan kecenderungan lingkungan bisnis. Kritikal bagi pengawasan yang berhasil adalah kemampuan untuk mendeteksi makna dalam peristiwa-peristiwa lingkungan yang berbeda

Pos-Pos Terbaru