Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian

Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian
Pengetahuan Konsumen akan Mempengaruhi Keputusan Pembelian

 

Apa yang dibeli

Berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal tersebut.

Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

l Pengetahuan Produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk

l Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur merek produk, harga produk dan kepercayaan mengenai produk.

Jenis Pengetahuan Produk

(1) Pengetahuan ttg karakteristik/atribut produk

(2) Pengetahuan ttg manfaat produk

(3) Pengetahuan ttg kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen.

l Seorang Konsumen akan melihat suatu produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau atribut dari produk tersebut.

l Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yg berbeda dalam menyebutkan karakteristik/atribut dari suatu produk. Hal ini disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya.

l Pengetahuan mengenai atribut tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen.

l Pengetahuan yg lebih banyak akan memudahkan konsumen dlm memilih produk yg akan dibelinya.

l Seorang Konsumen mengkonsumsi sayuran dan buahbuahan karena mengetahui manfaat produk tsb bagi kesehatan tubuhnya. Manfaat yg dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah memperlancar BAB.

Inilah yang disebut sebagai pengetahuan tentang manfaat produk

l Dua Jenis Manfaat

(1) Manfaat Fungsional, yaitu manfaat yg dirasakan konsumen secara fisiologis

(2) Manfaat Psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk

l Pengetahuan Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut

l Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tsb.

l Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari lokasi produk.

Store contact meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.

Product contact, konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tsb dan membawanya ke kasir

Transaction, konsumen akan membayar produk tsb dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.

l Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tsb telah digunakan/ dikonsumsi.

l.    Agar produk tsb bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar.

Sumber : https://pendidikan.co.id/