PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS
tokomodemku Posted on 2:59 pm

PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS

PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS

PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi bisnis adalah kegiatan pertukan informasi, gagasan, pendapat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan tertentu khususnya dalam dunia bisnis. Komunikasi bisnis dapat berupa pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi.

Dengan komunikasi yang baik dan efektif, komunikator dapat menyapaikan informasi tau pesan yang ingin disampaikan secara jelas, maka komunikan dapat memahami informasi atau pesan yang disampaikan. Serta sesuai dengan yang di harapkan oleh komunikator, yang dalam hal ini, bertujuan untuk dapat memperlancar tujuan dalam dunia bisnis

Di era globalisasi ini, tantangan seorang manajer saat ini relatif akan semakin sulit, karena dunia bisnis menghadapi iklim persaingan yang cenderung semakin turbulen. Para manajer perlu membekali diri dalam hal keterampilan lintas budaya, berupa kemampuan berinteraksi dengan berbagai ragam budaya, gaya manajemen / bisnis bangsa lain, maupun kerjasama tim, baik intern maupun dalam suatu aliansi strategis dengan mitra bisnis.

Terkait dengan pengertian komunikasi bisnis, ada beberapa pengertian menurut para ahli yang bisa kita jadikan acuan dalam memahami komunikasi bisnis, sebagai berikut :

1. WYNE MURLIN BATY DAN WILLIAM C.HIMSTREET

Proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu menggunkan simbol-simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

2. WILLIAM ALBIG

Sebuah proses pertukaran pendapat, gagasan, informasi, dan intruksi yang mempunyai target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.

3. KATZ

Komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, maupun konsep yang bertkaitan dengan pencapaian terkait tujuan komersil.

4. PHILIP KOLTER

Komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui peroses pertukaran.

5. DJOKO PURWANTO

Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dari beberapa pengertian komunikasi bisnis dari para ahli, dapat kita simpulkan bahwasanya komunikasi bisnis merupakan suatu proses di mana terjadi pertukaran informasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dan diterima dengan baik dan jelas sesuai yang diharapkan untuk menunjang tingkat keberhasilan untuk tujuan dalam dunia bisnis.


Sumber: https://cooldesktopbackgroundsx.com/mcqueen-apk/