Pengertian Berpidato

Pengertian Berpidato

Pengertian Berpidato

Pengertian Berpidato
Pengertian Berpidato

Menurut Dra. Rosdiana Siregar

Pidato adalah penyampaian gagasan, pikiran atau informasi kepada khalayak ramai secara lisan dengan cara-cara tertentu.

Menurut Kamus Lengkap BahasIndonesia( M.Zulfasri dan Ratu Aprilia S :652 )

Pidato adalah ceramah, khotbah : menyampaikan pikiran dalam bentuk kata-kata yang disampaikan kepada orang banyak : wacana-wacana yang disiapkan untuk disampaikan di depan khalayak.

Menurut Kamus Besar bahsaIndonesia, Edisi, ke- 3:871

            Pidato adalah pengungkapan pemikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjukkan kepada orang banyak ; wacana yang disiapkan untuk diucapkan didepan khalayak.

Menurut www.google.com

Pidato adalah kegiatan menyampaikan gagasan secara lisan dengan menggunakan peralatan yang tepat serta memanfaatkan aspek-aspek non kebahasan yang dapat mendukung efiensi dan efektifitas pengungkapan gagasan kepada orang banyak dalam suatu acara tertentu.

M.Farid Anwar Ba

Pidato adalah kata benda, batasannya sudah jelas merupakan salah satu ilmu dari seni berbicara . Pidato dalam hal ini merupakan kata kerja, karena pastilah ada yang berbuat, ada yang diperbuat dan tentunya sasaran dari perbuatannya dengan kata lain adanya subjek( pelaku ), materi, bahan, ide, objek  ( pendengar ).

            Dari beberapa pengertian diatas kami menyimpulkan pengertian pidato adalah kegiatan menyampaikan atau mengungkapkan ide-ide, gagasan, pendapat dan pikiran yang dilakukan secara lisan didepan khalayak ramai yang bertujuan untuk memberitahukan, menghibur dan mempengaruhi.

Sumber : http://pendidikanku.web.unej.ac.id/2019/07/04/sidang-resmi-kedua-bpupki/