Pengaruh Nyata Penyimpangan Sosial

Pengaruh Nyata Penyimpangan Sosial

Pengaruh Nyata Penyimpangan Sosial

Pengaruh Nyata Penyimpangan Sosial
Pengaruh Nyata Penyimpangan Sosial

Demikian pula, berdasarkan pandangan umum, sikap menyimpang dianggap merugikan masyarakat. Namun demikian, berdasarkan Emile Durkheim, sikap menyimpang tidak serta merta selalu membawa dampak yang negatif.

Menurutnya, sikap menyimpang juga mempunyai bantuan nyata bagi kehidupan masyarakat. Adapun beberapa bantuan penting dari sikap menyimpang yang bersifat nyata bagi masyarakat mencakup hal-hal berikut ini.

a. Perilaku menyimpang memperkokoh nilai-nilai dan norma dalam masyarakat.

Bahwa setiap perbuatan baik merupakan lawan dari perbuatan yang tidak baik. Dapat dikatakan bahwa tidak akan ada kebaikan tanpa ada ketidak-baikan. Oleh sebab itu sikap penyimpang an diharapkan untuk semakin menguatkan moral masyarakat.

b. Tanggapan terhadap sikap menyimpang akan memperjelas batas moral.

Dengan dikatakan seseorang berperilaku menyimpang, berarti masyarakat mengetahui kejelasan mengenai apa yang dianggap benar dan apa yang dianggap salah.

c. Tanggapan terhadap sikap menyimpang akan menumbuhkan kesatuan masyarakat.

Setiap ada sikap penyimpangan masyarakat pada umumnya secara bahu-membahu akan menindak para pelaku penyimpangan. Hal tersebut menegaskan bahwa ikatan moral akan mempersatukan masyarakat.

d. Perilaku menyimpang mendorong terjadinya perubahan sosial.

Para pelaku penyimpangan senantiasa menekan batas moral masyarakat, berusaha memperlihatkan alternatif gres terhadap kondisi masyarakat dan mendorong berlangsungnya perubahan.

 

 

Baca Artikel Lainnya: