Pendekatan-Pendekatan Manajemen Terlengkap

Pendekatan-Pendekatan Manajemen Terlengkap

Pendekatan-Pendekatan Manajemen Terlengkap

Pendekatan-Pendekatan Manajemen Terlengkap
Pendekatan-Pendekatan Manajemen Terlengkap

1. Pendekatan berdasarkan kebiasaan (empirial case approach)

Manajernen di pelajari dari sudut sejarahnnya, asal usulnya berdasarkan pengalaman-pengalaman nyata di masa lalu.

2. Pendekatan berdasarkan kelakuan antar individu (interpersonal behavior approach)

Manajemen di pelajari berdasarkan hubungan antar manusia,diakui tingkah laku hubungan manajer dengan bawahan, bawahan dan bawahansebagai manusia.

3. Pendekatan berdasarkan kelakuan kelompok (goup behaviour approach)

Manajemen di pelajari dari psikologi sosial suatu studi pola budaya mengenai susunan tingkah laku kelompok manusia (organizational behaviour) yang di artikan sebagai system, pola hubungan antar manusia di antara kelompok.

4. Pendekatan system kerja sama social (cooperative social system approach)

Manajemen di pelajari dari teori system atau merupakan bagian dari teori system semua manajer bekerja dalam suatu system social, manajer memimpin orang berdasarkan kerja sama manusia, kerja sarna ini timbul sebagai akibat adanya keterbatasan physic, biologi, psychology, dan sociologi.

5. Pendekatan system sosioteknik (socio technological system approach)

Memandang suatu orang sebagai dua system yaitu social system dan technical system yang kedua-duanya perlu ada interaksi yang harmonis. Jadi orang dan manajemen yang efektif tidak hanya tergantung pada interaksi yang baik dari orang-orang tetapi juga pada lingkungan teknis di tempat mereka bekerja,cara bekerja, alat-alat yang di gunakan, ruangan dan keadaan cahaya tempat mereka bekerja.

6. Pendekatan Teori keputusan (decision theori approach)

Merupakan pemilihan secara rasional yang di titik beratkan pada keputusan rasional, logis dan ilmiah. Rational Decision adalah pemilihan di antara beberapa alternative yang merupakan cara tindakan yang berdasarkan keputusan yang di ambil secara rasional. Jadi, rational decision harus di dasari oleh alternative-alternatif kegiatan yang di evaluasi, baru kemudian di pilih.

7. Pendekatan pusat komunikasi (communication center)

Menekankan pentingnya peranan komunikasi bagi manajer.

8. Pendekatan matematis (mathematical approach)

Melihat manajemen sebagar suatu system proses dalam model-model matematik, pendekatan ini di kenal sebagai operation research./operationalist yang mendasarkan pembahasan pada pendekatan mathematic dan telah menamakan dirinya sebagai manajement scientist. Jadi,dalam pengambilan keputusan selalu dengan bantuan orang yang merupakan penerapan dari metode ilmiah terhadap masalah-masalah manajemen yang di kemukakan secara kuantitatif.

9. Pendekatan Situasional (contingency approach)

Mempelajari manajemen di dasarkan pada sifat situasional (sikon) internal dan eksternal orang pada saat tersebut. Masalah-masalah yang di hadapi di selesaikan dan di atasi berdasarkan situasional (sikon), sehingga pemecahan masalah yang berbeda-beda dilakukan dengan cara yang berbeda-beda pula.

10. Pendekatan sumber daya manusia (human resources/supportiveapproach)

Manajemen di pelajari dengan SDM sebagai dasar kajian/tinjauan. Masalah individu, kelompok kerja, lingkungan kerja, motivasi-motivasi apa yang dapat meningkatkan produktivitas kerjanya.

11. Pendekatan kombinasi (operation approach)

Manajemen di pelajari berdasarkan kombinasi sernua pendekatan diatas(1-10).

Sumber: https://www.pendidik.co.id/