tokomodemku Posted on 9:07 pm

Penafsiran Hukum

Penafsiran Hukum

Menurut R. Soeroso, S.H. penafsiran atau interpretasi peraturan undang-undang ialah mencari dan menetapkan pengertian atas dalil-dalil yang tercantum dalam undang-undang sesuai dengan yang dikehendaki serta yang dimaksud oleh pembuat undang-undang

Penafsiran hukum memiliki arti sebagai suatu kesimpulan dalam usaha memberikan penjelasan atau pengertian atas suatu kata atau istilah yang kurang jelas maksudnya, sehingga orang lain dapat memahaminya.

Tujuan utama dari penafsiran hukum adalah menjelaskan maksud sebenarnya dari para pihak atau merupakan suatu kewajiban memberikan penjelasan mengenai maksud para pihak seperti dinyatakan dalam kata-kata yang digunakan oleh para pihak dilihat dari keadaan-keadaan yang mengelilinginya.

Untuk menjamin kepastian hukum harus ada kodifikasi, yaitu usaha untuk membukukan peraturan-peraturan yang tertulis yang masih berserakan ke dalam suatu buku secara sistematis. Dengan maksud untuk meniadakan hukum yang berada diluar kitab undang-undang dengan bertujuan untuk mewujudkan agar dapat kepastian hukum sebanyak-banyaknya dalam masyarakat. Walaupun kodifikasi telah mengatur selengkap-lengkapnya, namun tetap saja kurang sempurna dan masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan karena undang-undang senantiasa tertinggal dari perkembangan sosial.

Karena terjadi perubahan nilai-nilai sosial yang dapat menggeser nilai-nilai hukum yang ada dalam masyarakat sehingga suatu kodifikasi yang dibuat pada suatu zaman, tidak lagi dapat meliputi seluruh kehidupan sosial di kemudian hari. Akibatnya timbul ketentuan-ketentuan hukum baru yang berada di luar kodifikasi atau terdapat perkembangan hukum yang baru di luar sistem resmi yang menjadi tata hukum nasional. Dengan tidak sempurnanya kodifikasi hukum tersebut maka tidak jarang hakim melakukan penemuan nilai-nilai hukum yang hidup di kalangan masyarakat.

 Di samping itu, hakim juga melakukan penafsiran-penafsiran hukum (interpretasi hukum) dalam menyelesaikan suatu perkara yang dihadapinya, khususnya dalam hal ketentuan undang-undang yang sudah ketinggalan zaman dan ketentuan undang-undang yang memakai istilah-istilah yang tidak jelas atau yang dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda-beda

sumber :

https://daftarpaket.co.id/seva-mobil-bekas/