Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda dan Sosialisasi
Pemuda dan Sosialisasi

Potensi-Potensi Generasi Muda

  1. Idealisme dan daya kritis. Dapat melihat kekurangan-kekurangan yang ada dam mampu mencari gagasan baru.
  2. Dinamika dan kreatifitas. Generasi muda memiliki potensi ini yakni memiliki kemampuan untuk mengadakan pembaruan, penyempurnaan dan perubahan dari kekurangan-kekurangan yang ada.
  3. Keberanian mengambil resiko. Generasi muda harus berani dalam pengambilan keputusan dan berani mengambil resikonya.
  4. Optimis dan kegairahan semangat. Generasi tidak ada kata menyerah, jadi apabila mereka mengalami kegagalan, mereka harus optimis dan selalu semangat.
  5. Sikap kemandirian dan disiplin murni. Generasi muda harus memiliki sifat ini, karena mereka itu harus bisa mandiri dan diikuti dengan disiplin yang murni.
  6. Terdidik. Generasi muda harus belajar walaupun dia putus sekolah, mereka masih memiliki potensi ini dikarenakan usia mereka yang masih muda daripada terdahulunya, jadi mereka masih bisa utnuk menangkap apa yang mereka pelajari.
  7. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan. Generasi muda tidak membedakan ras dan adat, karena dulu saat sumpah pemuda dikumandangkan itu dilaksanakan oleh para pemuda.
  8. Patriotisme dan nasionalisme. Generasi muda harus memiliki potensi ini karena mereka pasti dibutuhkan untuk membela negaranya, dan mereka semua pasti memiliki tekad yang sangat besar sekali untuk mempertahankan negaranya.
  9. Sikap ksatria. Mereka semua nanti pasti akan menjadi para pemimpin, jadi mereka harus memiliki potensi ini.
  10. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi. Generasi muda harus berperan untuk perkembangan ilmu dan teknologi yang ada.

Tujuan Pokok Sosialisasi

  • Memberikan keterampilan kepada individu agar mereka dapat hidup bermasyarakat
  • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif
  • Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan mawas diri yang tepat
  • Membiasakan diri berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada dalam kehidupan masyarakat

Study Kasus
Saat ini banyak anak muda yang sudah terjerumus karena pergaulan yang salah, dari kebiasaan kurang sopannya pada orang tua, memakai barang-barang haram. Tetapi sebenarnya para generasi penerus angsa itu memiliki potensi-potensi yang bagus untuk dikembangkan. Contoh anak sekolah yang suka membolos, pakai barang-barang haram, itu dia lakukan karena teman-temannya yang membujuk dia untuk memakainya, padahal sebelum dia mengenal temanya, dia itu adalah anak yang pintar di kelasnya.
Jadi setiap generasi muda itu mempunyai potensi yang bagus, hamya dia saja yang tidak mengolah potensi yang dia miliki., tetapi dia selalu mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain.

Sumber : https://anchorstates.net/