tokomodemku Posted on 3:11 am

Pelaksanaan Reformasi Hukum

Pelaksanaan Reformasi Hukum

Suatu hal yang sangat penting dalam pelaksanaan reformasi hukum adalahmerumuskan strategi yang tepat yang tidak hanya mampu menjangkau kebutuhan hukumsaat ini, tetapi juga mampu menjangkau (mengantisipasi) kebutuhan hukum masa depanyang meliputi suatu rentang waktu yang cukup panjang. Dalam merumuskan strategitersebut, pertama-tama perlu dilakukan inventarisasi terhadap permasalahan-permasalahan yang perlu di reformasi, baik dari aspek materi hukum, aparatur hukum,sarana dan prasarana hukum serta budaya hukumnya. Setelah itu, perlu dilakukanpenetapan prioritas tentang unsur-unsur yang harus didahulukan. Dikaitkan dengankeadaan yang kita hadapi saat ini, yaitu lemahnya penegakan hukum, baik menyangkutmasalah KKN, pelanggaran HAM, tingginya tingkat kriminalitas, praktek penggunaankekerasan dan pengerahan massa dalam berdemokrasi, praktek penjarahan, penyerobotan

hak-hak orang lain, dan lain-lain, dalam jangka pendek adalah tepat untuk memberiprioritas pada proses penegakan hukum (law enforement) yang dilakukan melaluipembenahan sistem peradilan kita yang mencakup: badan peradilan, kepolisian,kejaksaan, pengacara dan konsultan hukum, pengelola lembaga pemasyarakatan,peningkatan etika moral dan kemampuan profesi hukum, penggunaan Bahasa Indonesiayang jelas dan tepat.Penyempurnaan materi hukum seperti RUU KUHP, penyelesaian KUHAP baru,Penyempurnaan UU Kepailitan, Penyelisaian RUU Tipikor diharapkan akan mampumenciptakan aturan main yang jelas dan transparan bagi masyarakat dan penyelenggaranegara dalam menunjang kegiatan mereka sehari-hari. Pembenahan dari segi materihukum tersebut juga perlu dilengkapi dengan peningkatan sarana dan prasarana hukumserta peningkatan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dan penyelenggaranegara sehingga mampu membentuk suatu budaya hukum yang sehat. Apabila hal inidapat dicapai maka otomatis akan tercipta tidak hanya suatu pemerintahan yang efektif (good governance), namun juga masyarakat yang menghormati dan mentaati hukum (lawabiding people), yang pada akhirnya akan menciptakan ketertiban dan keamanan sertakenyamanan dalam masyarakat, situasi mana sangat kondusif bagi iklim penanamanmodal yang akan mempercepat pemulihan dan bahkan mendorong pertumbuhanekonomi.

D.Konsep Reformasi Hukum

Jika melihat kondisi hukum yang terpuruk, maka tidak ada kata lain selain terusmengedepankan reformasi hukum yang telah digagas oleh bangsa ini. Kegiatan reformasihukum perlu dilakukan dalam rangka mencapai supremasi hukum yang berkeadilan.Beberapa konsep yang perlu diwujudkan antara lain :

a.Penataan kembali struktur dan lembaga-lembaga hukum yang ada termasuk sumber daya manusianya yang berkualitas

b.Perumusan kembali hukum yang berkeadilan

c.Peningkatan penegakan hukum dengan menyelesaikan kasus-kasuspelanggaran hokum

d.Pengikutsertaan rakyat dalam penegakan hokum

e.Pendidikan publik untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadaphukum

f.Penerapan konsep Good Governance

sumber :
https://klubradio.co.id/seva-mobil-bekas/