tokomodemku Posted on 5:50 am

Pasar Pemerintah

Pasar Pemerintah

Pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintahan, yakni : departemen, direktorat, dan instansi lain yang membeli atau menyewa barang-barang untuk membantu melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan. Seperti barang dan jasa untuk keperluan di bidang pertahanan, pekerjaan umum, kesehatan, utuk kesejahteraan rakyat. Barang yang dibeli misalnya pesawat terbang, alat-alat kesehatan, kapur tulis, jasa konstruksi, dll.

  1. Pasar International

Pasar International meliputi beberapa negara di dunia. Dapat dikatakan bahwa pasar International merupakan kombinasi dari keempat jenis pasar yang telah dijelaskan di muka. Karena pihak yang menjual barang/jasa berada di negara yang berbeda, maka pembelian dilakukan oleh dua pembeli atau pasar (negara tertentu) harus melalui prosedur perdagangan international yang mencakup ekspor-impor.

  1. Peranan Pemerintah Dalam Mengaontrol Pasar

            Untuk lebih menjamin berjalannya mekanisme pasar secara sempurna peranan pemerintah sagat penting. Rasulullah Saw. sendiri telah menjalankan fungsi sebagai market supervisor atau al-hisbah, yang kemudian banyak dijadikan acuan untuk peran negara terhadap pasar. Al-hisbah banyak didirikan sepanjang bagian terbesar dunia islam, bahkan di beberapa negara institusi ini tetap bertahan hingga awal abad ke-20 M. Pada pemikiran ekonomi islam kontemporer, eksistensi al-hisbah sering kali dijadikan acuan pada fungsi negara terhadap perekonomian, khususnya dalam pasar. Namun al-hisbah dalam kebijakan praktis ternyata terdapat berbagai bentuk. Beberapa ekonom berpendapat bahwa al-hisbah akan di perankan oleh negara secara umum melalui berbagai istitusi. Jadi, al-hisbah melekat pada fungsi negara dalam pasar dan tidak perlu membentuk lembaga khusus. Al-hisbah merupakan suatu agen independen sehingga terlepas dari kepentingan kelompok tertentu atau pemerintah. Namun, dengan melihat fungsi al-hisbah yang luas dan strategis, fungsi al-hisbah akan melekat pada fungsi pemerintah secara keselurhan, dimana dalam teknis operasionalnya akan dijalankan oleh kementian, departemen, dinas, atau lembaga yang lain.

Sumber :

https://menitpertama.id/pet-salon-apk/