Pada Masa Ali bin Abi Thalib
tokomodemku Posted on 10:52 am

 Pada Masa Ali bin Abi Thalib

 Pada Masa Ali bin Abi Thalib

 Pada Masa Ali bin Abi Thalib

Setelah diangkat sebagai khalifah keempat oleh segenap kaum muslimin, Ali bin Abi Thalib lansung mengambil tindakan seperti memberhentikan para pejabat yang korupsi, membuka kembali lahan perkebunan yang telah diberikan kepada orang-orang kesayangan Utsman, dan mendistribusikan pendapatan pajak tahunan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Umar bin Khattab.

Khalifah Ali memiliki konsep yang jelas tentang pemerintahan dan administrasi umum dan masalah-masalah yang berkaitan dengannya. Konsep ini dijelaskan dalam suratnya yang terkenal yang ditujukan kepada malik Ashter bin Harith, dimana surat tersebut mendiskripsikan tugas kewajiban dan tanggung jawab penguasa untuk menyusun prioritas dalam melakukan dispensasi terhadap keadilan kontrol terhadap pejabat tinggi dan staf, menguraikan pendapat pegawai administrasi dan pegadaan bendahara.

Surat ini menjelaskan bagaimana berurusan dengan sipil, pengadilan dang angkatan perang. Ali menekankan malik agar lebih memperhatikan kesejahteraan prajurit dan keluarga mereka dan diharapkan berhubungan langsung dengan masyarakat melalui pertemuan yang terbuka, terutama dengan orang-orang miskin, orang teraniaya dan orang-orang cacat. Disurat ini juga ada instruksi untuk melawan korupsi dan penindasan, mengontrol pasar dan memberantas para tukang catutu, penimbun barang dan pasar gelap. Singkatnya surat itu menggambarkan kebijakan yang ternyata konsep-konsepnya ditiru secara luas dalam administrasi public, bahkan kebijakan itu ditiru oelh gubernur yang melawan islam dan di mesir ditempat Muhammad bin Abu Bakar, terbunuh di medan perang bersama dengan para pendahulunya dan khalifah kehilangan  daerah mesir dan daerah-daerah lainnya dan yang tersisa hanyalah dokumen yang bersejarah.

Masa pemerintahan Umar bin Abi Thalib yang hanya berlangsung selama 5 tahun selalu diwarnai dengan ketidakstabilan kehidupan politik. Kebijakan ekonomi Ali bin Abi Thalib diantaranya yaitu :

  1. Mengedepankan prinsip pemerataan dalam pendistribusian kekayaan negara kepada masyarakat.
  2. Menetapkan pajak terhadap para pemilik kebun dan mengijinkan pemungutan zakat terhadap sayuran segar.
  3. Pembayaran gaji pegawai dengan sistem mingguan.
  4. Melakukan control pasar dan pemberantas pedagang licik, penimbun barang dan pasar gelap.
  5. Aturan konpensasi bagipara pekerja jika mereka merusak barang-barang pekerjaannya.

sumber :

True Fear: Forsaken Souls I Apk + Data v1.0 for android