tokomodemku Posted on 4:25 pm

nilai – nilai adat istiadat

Pengertian Nilai dan Macam – Macam Nilai Sosial

Pengertian Nilai Sosial

   Setiap masyarakat memiliki sistem nilai yang berbeda – beda yang bersifat turun temurun dari generasi terdahulu ke generasi berikutnya. Nilai – nilai dapat bersumber dari nilai – nilai keagamaan, nilai – nilai adat istiadat maupun nilai – nilai estetika yang terus berkembang sejalan dengan peradaban masyarakat tertentu. Nilai sosial adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan benar oleh sebagian masyarakat. Nilai sosial muncul dari nilai individual yang dimiliki oleh seseorang. Melalui pergaulan, nilai individu akhirnya mendapat persetujuan dari kalangan luas sehingga menjadi nilai sosial masyarakat. Sebagai contoh nilai – nilai sosial yang ada di masyarakat adalah sebagai berikut.
   a. Berperilaku sopan dan jujur
   b. Bersikap arif dan bijaksana
   c. Memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat
   d. Bersikap ramah
   e. Bersikap adil

   2. Macam – Macam Nilai Sosial

   Untuk membedakan macam – macam nilai sosial dalam masyarakat Prof. Notonegoro mengemukakan bahwa nilai sosial dalam masyarakat dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, antara lain :

   A. Nilai Vital

   1) Pengertian Nilai Vital
   Nilai vital adalah nilai yang mncul karena kegunaannya, misalnya pisau. Pisau ini mempunyai harga atau nilai tertentu karena ketajamannya yang dapat digunakan untuk memotong sesuatu, tetapi seandainya pisau ini tumpul nilainya akan merosot. Sebaliknya apabila pisau ini selalu tajam dalam waktu yang panjang (berkualitas), maka pisau ini akan memiliki harga atau nilai yang semakin tinggi. Nilai suatu benda yang muncul karena kegunaannya yang dinamakan Nilai Vital.
 
   2) Manfaat Nilai Vital
   Nilai vital berfungsi untuk menjadi dasar penilaian atau ukuran terhadap tinggi rendahnya suatu barang yang dilihat dari fungsinya, misalnya pisau yang berfungsi sebagai alat pemotong akan berbeda nilainya dengan kalkulator sebagai alat menghitung dan akan berbeda pula dengan sepeda motor sebagai alat transportasi.
   3) Contoh – Contoh Nilai Vital
   a) Nilai rupiah yang terkandung pada handphone sebagai alat komunikasi.
   b) Nilai rupiah yang terkandung pada sebuah mobil dengan merk tertentu yang berfungsi sebagai alat transportasi dan benda kemewahan.