tokomodemku Posted on 1:42 pm

Menanggulangi Masalah Kemacetan

Menanggulangi Masalah Kemacetan

Jakarta dengan kemacetan sudah menjadi cerita lama yang belum terselesaikan dengan baik selama bertahun-tahun. Bukan pekerjaan mudah bagi Pemprov DKI untuk menyelesaikan masalah ini, banyak aspek yang mempengaruhinya. Agaknya niat menjadikan kota ini nyaman selalu menjadi wacana para profesional dan pengambil keputusan. hanya saja dalam pelaksanaannya ada beberapa faktor.

Pemerintah kota meningkatkan penggunaan angkutan umum untuk mengurangi kemacetan yang terjadi; Padahal, angkutan umum yang direncanakan ke depan sangat menjanjikan untuk mengatasi kemacetan atau setidaknya mengurangi apa yang terjadi saat ini.

Kami sebagai profesional memiliki pemikiran lain dari segi arsitektural masih sangat mikro, namun jika bisa diterapkan di semua titik publik tentu akan membantu kota untuk mengurangi tingkat kemacetan yang ada.

Titik-titik pada sarana angkutan umum, baik stasiun, terminal bus, maupun bandara, berpotensi mengalami kemacetan, sekaligus berpotensi untuk ditindaklanjuti. Melalui pemikiran, kami mengambil kasus yang dekat dengan lingkungan itu sendiri. yaitu stasiun kereta api Cawang. Stasiun Kereta Api Cawang memiliki layanan dari dalam ke luar Jakarta dan sebaliknya. Pengguna KA Jabodetabek per Oktober 2014 sebanyak 19 ribu orang, menurut BPS. Dengan jumlah pengguna ini dan peningkatannya dari tahun ke tahun, ada baiknya kita memikirkan suatu sistem untuk mengurangi jumlah orang yang turun ke jalan, yaitu melalui pembangunan mixed use di stasiun Jakarta.

Dengan membangun fasilitas mixed use berupa perkantoran, pertokoan, dan fasilitas penunjang lainnya, kota ini dapat mengurangi jumlah penduduk yang melakukan perjalanan ke jalan dan menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Keunggulan lainnya adalah pemerintah memiliki investasi komersial berupa bangunan yang dapat disewakan kepada masyarakat. Bisa dibayangkan, jika di setiap stasiun ada fasilitas seperti itu, berapa omzet ekonomi yang didapat pemerintah dan kita tahu stasiun-stasiun tersebut terletak di tempat-tempat strategis di ibu kota.

Suatu saat nanti kita tidak akan lagi melihat stasiun sebagai tempat yang tidak nyaman bagi lingkungan, kita akan melihat bagaimana kota-kota dihubungkan bersama di setiap jalur untuk menjadi kota yang sehat dan ideal bagi jutaan penduduk untuk ditinggali.