Memahami Statistika Sosial

Memahami Statistika Sosial

Memahami Statistika Sosial

Memahami Statistika Sosial
Memahami Statistika Sosial

Statistika adalah

Metodelogi yang digunakan dalam pengumpulan, meringkas dan menyajikan data yang diperoleh. Selanjutnya melakukan interpretasi serta menganalisis dan memperoleh informasi yang berguna. Dalam pradigma ilmu sosial, statistika digunakan untuk melakukan analisis realitas sosial yang terdapat di masyarakat berkaitan dengan ilmu sosial yang bersangkutan, sehingga dapat diperoleh suatu informasi yang berguna dan bermanfaat serta digunakan untuk mencari solusi dari suatu permasalahan.

 

Statistika banyak diterapkan serta digunakan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan

Baik ilmu-ilmu alam seperti biologi, fisika dan kimia. Ilmu-ilmu sosial termasuk sosiologi dan psikologi, maupun di bidang ekonomi dan bisnis. Contoh penggunaan statistika salah satunya adalah sensus penduduk, tingkat kepuasaan pelayanan suatu jasa, tingkat moda transportasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, grafik penjualan hasil produksi pada suatu perusahaan dan lain sebagainya.

 

Penelitian kuantitatif adalah

Penelitian yang menggunakan data kuantitatif (data yang berbentuk angka). Pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif dalam pelaksanaannya tidak mesti harus langsung oleh peneliti, akan tetapi dapat dilakukan melalui pihak lain yang dipandang mampu atau kompeten dalam melaksanakan pengumpulan data.

 

Syarat mutlak penelitian kuantitatif yaitu

Reliabilitas dan validitas, karena kedua elemen tersebut akan menentukan kualitas hasil penelitian.[2] Selanjutnya, penelitian kuantitatif memerlukan adanya hipotesis dan pengujian yang kemudian akan menentukan tahapan-tahapan berikutnya, seperti penentuan teknik analisis dan formula statistik yang akan digunakan. Juga, pendekatan ini lebih memberikan makna dalam hubungannya dengan penafsiran angka statistik bukan makna secara kebahasaan dan kulturalnya.[3] Dengan metode kuantitatif akan ditemukan signifikansi perbedaan kelompok atau signifikansi antara hubungan varaiable yang diteliti dan pada umunya metodekuantitatif digunakan untuk sampel besar.

Baca Juga :