tokomodemku Posted on 7:38 am

Masalah asi exclusif

Masalah asi exclusif

          Ketika masa nifas asi ekclusifpun dapat terjadi suatu masalah dalam pemebriannya seperti :

Bayi bingung putting

     Nipple confusion adalah keadaan yang terjadi karena bayi mendapat susu formula dalam botol berganti-ganti dengan menyusu pada ibu. Terjadi karena mekanisme menyusu pada puting berbeda dengan botol.

Tanda-tanda :

1)   Mengisap puting seperti menghisap dot,

2)   Menghisap terputus-putus dan sebentar,

3)   Bayi menolak menyusu.

  1. Masalah KB

Pemilihan kontrasepsi harus sudah dipertimbangkan pada masa nifas. Apabila hendak memakai kontrasepsi yang mengandung hormon, harus menggunakan obat yang tidak mengganggu produksi ASI. Hubungan suami istri pada masa nifas tidak dianjurkan.

Pada masa nifas ibu yang ingin ber-KB dapat menemukan beberapa masalah seperti :

1)   Terbatasnya jumlah metode yang tersedia

2)   Metode KB yang tidak dapat diterima oleh ibu / tidak sesuai dengan keinginan ibu

3)   Biaya

4)   Efek samping potensial yang dapat terjadi pada ibu

5)   Konsekuensi terhadap kehamilan yang tidak diinginkan

6)   Kerjasama pasangan

7)   Dan norma budaya mengenai pemakaian KB

  1. Kesimpulan

            Masa Nifas (puerperium) dimulai setelah kelahiran placenta dan berakhir ketika alat – alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil dan berlangsung kira – kira 6 minggu.

            Pemeriksaan fisik pada ibu nifas antara lain pemeriksaan Keadaan Umum, Kesadaran, Tanda-tanda vital, Payudara, Uterus, Kandung kemih, Ekremitas Bawah, Genetalia, Perineum, dan Lokhea.

          Masalah-masalah yang terjadi pada kesehatan ibu nifas antara lain Infeksi pada masa nifas diantaranya adalah : endometritis, parametritis, peritonitis, Infeksi pada perineum, vulva, vagina dan serviks, Salpingitis dan ooforitis, Septicemia dan piemia. Masalah nyeri seperti Afterpain (CU), Nyeri Perineum, Hemoroid, Nyeri Pada Payudara. Masalah Psikologi seperti Depresi Postpartum, Post Partum Blues, Postpartum Psikis, Baby blues; Masalah erawatan perineum, Perawatan payudara, Masalah asi exclusif, Masalah KB

  1. Saran

                 Pemeriksaan fisik, psikologi dan sosial ibu masa nifas akan membantu mendeteksi masalah-masalah actual maupun potensial yang bisa terjadi pada ibu nifas. Peran bidan  ketika mengetahui adanya gangguan pada kesehatan ibu secepatnya memberikan tindakan lebih lanjut terhadap masalah yang terjadi sehingga tingkat kerusakan akibat masalah tersebut dapat dikurangi.

Baca juga: