Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan
tokomodemku Posted on 1:53 pm

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan KecantikanManfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kunyit atau Kunir merupakan termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Selain digunakan untuk masakan tanaman ini berguna untuk kesehatan serta kecantikan juga. Kunyit mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. seperti adanya kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Salah satunya manfaatnya bisa mempunyai kandungan anti peradangan hingga mencegah kanker, semuanya bisa didapatkan dengan rutin minum air kunyit. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan dari air kunyit dan cara pengolahannya bisa dibuat minuman seperti teh.

Baiklah berikut beberapa manfaat dari tanaman Kunyit atau Kunir buat kesehatan serta kecantikan tubuh kita :

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kunyit mengandung zat kurkumin sebagai salah satu antioksidan yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh / kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, zat lipopolysaccharide dalam kunyit terkenal juga akan sifat anti-bakteri dan anti-virus. akan tetapi efek yang ditimbulkan bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Untuk itu dianjurkan rajin meminum kunyit yang agar tubuh kita selalu terjaga dan terhindar dari segala bakteri ataupun virus yang akan menyerang kita.
Mengobati Mag dan Perut yang Kembung serta Mual
Kunir memang sudah lama cukup populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Karena ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya kita menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyerinya, dan tentunya itu sudah saya lakukan sejak lama.

Maag dapat muncul dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori, konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.
Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Kunyit juga membantu meningkatkan pencernaan. Beberapa komponen kunyit diketahui merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membuat sistem pencernaan lebih efisien. Untuk itu, dapat mengurangi gejala kembung dan produksi gas berlebih. Pencernaan yang baik adalah kunci mencapai metabolisme yang sehat. Maka, metabolisme yang sehat ini dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.
Meningkatkan Kesehatan Kulit
Salah satu pasta yang berbahan kunyit menjadi bagian dari ritual kecantikan dan perawatan kulit India sejak dahulu kala. Antioksidan yang terdapat dalam kunyit dapat menghambat aktivitas radikal bebas penyebab penuaan kulit. Kamu bisa minum air kunyit setiap hari untuk membantu kulit menjadi lebih bercahaya, sehat, dan awet muda.
Mengurangi Nyeri saat Haid
Bagi para bunda yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Tentunya para bunda atau para perempuan Indonesia sedikit banyaknya pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.
Mencegah dan Mengobati Alzheimer
Curcumin membantu mengurangi kemungkinan beberapa kondisi neurodegeneratif. Kekuatan antioksidan dan antiinflamasinya dapat mengurangi kerusakan sel, peradangan, dan endapan atau plak amiloid yang terjadi pada kondisi ini. Mengonsumsi curcumin secara teratur dapat mencegah beberapa perubahan protein terkait usia yang terkait dengan neurodegenerasi.
Menurunkan berat badan
Kurkumin kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Namun, lagi-lagi manfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa. Sebab dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah tapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal.
Masker kunyit kasturi
Selain kesehatan tubuh kunyit bisa digunakan sebagai obat kecantikan juga salah satunya di buat masker sebagai terapi perawatan tubuh. Namun, masker kunyit bisa menjadi cara alami menghilangkan komedo di wajah. Nah agar tidak menodai kulit atau pakaian Anda jadi kuning, pilihlah jenis kunyit kasturi.

 

Sumber: https://youtubers.id/galaxy-note-8-masuk-india-pertengahan-september/