Manfaat dan Kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

Manfaat dan Kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

Manfaat dan Kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

Manfaat dan Kegunaan Temulawak Untuk kesehatan
Manfaat dan Kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

Nama daerah di Jawa yaitu temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur. Berikut di bawah ini Manfaat Dan kegunaan Temulawak Untuk kesehatan

Manfaat Dan Kegunaan Temulawak : Mengurangi Radang Sendi

Temulawak ini terdapat kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang bisa mengurangi nyeri dan radang sendi.

Cara kerjanya adalah melalui pengbatan migrasi Sel-sel leukosit kedaerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta Transprtasi mediatr radang yaitu Prostagladin. Dan dari hasil uji klinik menunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

Manfaat Dan Kegunaan Temulawak : Menurunkan Lemak Darah

Dari hasil uji pra klinik menunjukkan bahwa Ekstrak Temulawak dan Fraksi Kurkuminoidnya bisa menurunkan kadar kolesterol Total. Trigliserida dan meningkatkan kadar HDL Klesterol. Komponen yang di duga berperan dalam menurunkan lemak darah, Adalah kurkuminoid.

Manfaat Dan Kegunaan Temulawak : Antioksidan Dan Membantu Pemeliharaan Kesehatan

Kurkumin pada Temulawak berguna sebagai Antioksidan karena mampu menangkap Radikal-radikal bebas oksigen seperti anion Superoksid. Dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.

Cara Pemakaianya Adalah : Gunakan Ektrak kering temulawak, lalu di rebus, Kemudian minum 3 kali sehari, Setiap kalinya Lebih kurang 250-500 mg.

Manfaat Dan Kegunaan Temulawak : Mengobati Jerawat

Cuci rimpang temulawak sebesar atau selebar satu jari kemudian Di Potong-potong secukupnya, Lalu di rebus Kira-kira 4 gelas air bersih hingga tersisa separuh. kemudian di dinginkan dan di saring, Dan tambahkan madu secukupnya dan minum 2 kali sehari, Setiapkalinya cukup satu gelas saja.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id