tokomodemku Posted on 8:32 pm

Macam- macam Qadhi

Macam- macam Qadhi

Penyelenggaraan peradilan merupakan fardhu kifayah untuk menciptakan kemaslahatan. Ruang lingkup kekuasaan kehakiman (wilayat al qadha) dalam lembaga peradilan Islam dapat dibedakan menjadi:

  1. Qadhi khusumat, adalah hakim yang berwewenang menyelesaikan sengketa (khusumat) yang terjadi di masyarakat umum, baik dalam perkara muamalat maupun ‘uqubat.
  2. Qadhi hisbah, adalah aparat penegak hukium ( hakim) yang diberi kewenangan untuk menyelesaikan masalah-masalah atau pelanggaran ringan yang menurut sifatnya tidak memerlukan proses peradilan untuk menyelesaikannya.
  3. Qadhi madzalim, adalah hakim yang diberi kewenangan untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi antara rakyat dengan penguasa yang dzalim. Kewenangan yang dimiliki oleh lembaga ini adalah menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pejabat pemerintah yang kebijakannya mendzalimi rakyat.

  4. Ketentuan Dasar Penyelesaian Sengketa di Peradilan

Dalam penyelesaian  sengketa di lembaga peradilan, terdapat beberapa ketentuan dasar yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah: (264-269)

  1. Pengajuan Dakwaaan/ tunututan.
  2. Pembuktian

sumber :