Lulusan SUPM Waiheru Miliki Karakter Dan Kompetensi Keahlian

Lulusan SUPM Waiheru Miliki Karakter Dan Kompetensi Keahlian

Lulusan SUPM Waiheru Miliki Karakter Dan Kompetensi Keahlian

Lulusan SUPM Waiheru Miliki Karakter Dan Kompetensi Keahlian
Lulusan SUPM Waiheru Miliki Karakter Dan Kompetensi Keahlian

Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan di SUPM Waiheru Ambon,

diarahkan pada upaya pembentukan lulusan yang memiliki karakter, dan memiliki kompetensi keahlian di bidang kelautan dan perikanan.

“Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan di SUPM agar lulusannya dapat menjadi tenaga kerja yang professional di perusahaan, baik yang dalam negeri maupun luar negeri, serta dapat menjadi wirausaha muda modern di bidang kelautan dan perikanan,“ kata Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Moch Nurhudah di Ambon, Jumat (3/6).

Dikatakan, SUPM Waiheru merupakan salah satu dari 9 SUPM lingkup KKP

dan terdapat satuan pendidikan KKP lainnya diantaranya, 3 Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP), serta 1 Sekolah Tinggi Perikanan di 5 kampus.

SUPM Ambon, tambah dia, menggunakan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory. “Pendekatan tersebut menggunakan sarana dan prasarana industri kelautan dan perikanan sesungguhnya di dalam kampus, dengan porsi praktik 70 persen dan teori 30 persen untuk tingkat pendidikan menengah serta praktek 60 persen dan teori 30 persen untuk tingkat pendidikan tinggi,” jelasnya.

Dijelaskan, tak hanya ijazah yang didapat, para lulusan juga mendapatkan sertifikat kompetensi

, sehingga memenuhi standar nasional dan internasional. Sertifikat tersebut antara lain Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (Ankapin) II, Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan (Atkapin) II, Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), serta Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP).

Untuk diketahui, lulusan SUPM Waiheru Ambon yang baru diwisudakan berjumlah 122 orang, berasal dari 4 program keahlian, yaitu Nautika Perikanan Laut (NPL) sebanyak 29 orang, Teknika Perikanan Laut (TPL) sebanyak 32 orang, Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) sebanyak 31 orang, dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan sebanyak 30 orang dan seluruhnya dinyatakan lulus dengan presentasi kelulusan 100 persen .

Sebelum wisuda, sebagiannya siswa telah direkrut oleh perusahaan perikanan di dalam dan luar negeri.

Dengan diwisudanya para lulusan ini, SUPM Waiheru sejak berdiri tahun 1986 telah meluluskan sebanyak 2.330 orang dan telah bekerja di perusahaan, baik dalam dan luar negeri.

Sebanyak 56,7 persen berwirausaha, sebanyak 17,5 persen menjadi PNS, TNI dan Polri sebanyak 13,3 persen, serta yang melanjutkan pendidikan sebanyak 11,9 persen

 

Sumber :

https://pesantrenkilat.id/puasa-syawal/