tokomodemku Posted on 6:18 am

 Lingkungan tenaga kerja

 Lingkungan tenaga kerja

Industri yang memilki tenaga kerja khusus ( memerlukan spesialisasi) biayanya jauh lebih tinggi. Banyaknya tenaga kerja dalam suatu industri juga mempengaruhi biaya tenaga kerja. Oleh karena itu, memahami lingkungan tenaga kerja dalam industri dapat menolong manajer perusahaan dalam memperkirakan tenaga kerja yang terjadi.

Lingkungan Peraturan

Semua industri terkena bebrapa peraturan pemerintah. Pemerintah menegakkan peraturan lingkungan yang dapat melarang perusahaan beroperasi disuatu lokasi atau berkecimpung dalam bisnis tertentu. Perusahaan yang bermaksud memasuki industri manapun harus mengetahui segala peraturan yang dikenakan pada industri tersebut. Perusahaan-perusahaan yang sudah beroperasi dalam suatu industri juga harus memantau peraturan industri sebab dapat berubah dari waktu ke waktu.

  1. Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kinerja dari setiap bisnis. Kondisi lingkungan ekonomi mempengaruhi penerimaan atau pengeluaran suatu bisnis jadi dapat mempengaruhi nilai bisnis itu sendiri. Ketika perekonomian kuat, tingkat lapangan kerja tinggi dan tingkat kompensasi yang dibayarkan kepada karyawan juga meningkat. Sementara, daya beli masyarakat yang tinggi membuat mereka mampu membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Sehingga perusahaan yang menghasilkan produk-produk ini akan memperoleh manfaat dari besarnya permintaan. Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan untung yang tinggi dan mampu mengembangkan usahanya, melakukan rekrutmen tenaga kerja untuk memastikan produk dalam jumlah yang mencukupi guna memenuhi permintaan. Sebaliknya, ketika kondisi perekonomian suatu perusahaan mengalami kelemahan, perusahaan yang menghasilkan produk-produk ini akan sangat terpukul karena perusahaan tidak dapat menjual seluruh produk yang dihasilkannya. Konsekuensinya perusahaan akan cenderung melakukan PHK pada sebagian karyawannya dan perusahaan tidak mampu memberi kompensasi yang tinggi.Dalam kondisi ini perusahaan mengalami kegagalan dan sebagian karyawannya kehilangan pekerjaan sehingga daya beli masyarakat terhadap produk yang ditawarkan menurun dan mengakibatkan perusahaan rugi.

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/