Kota Pelajar di Inggris Jadi Simbol Hari Pendidikan

Kota Pelajar di Inggris Jadi Simbol Hari Pendidikan

Kota Pelajar di Inggris Jadi Simbol Hari Pendidikan

Kota Pelajar di Inggris Jadi Simbol Hari Pendidikan
Kota Pelajar di Inggris Jadi Simbol Hari Pendidikan

Oxford dan Cambridge adalah dua kota di Inggris yang terkenal sebagai kota pelajar melalui dua universitasnya yakni University of Oxford dan University of Cambridge (disingkat dengan portmanteau “Oxbridge”).

Dua universitas tersebut adalah tertua di dunia barat yang masih beroperasi dari awal berdirinya hingga saat ini. Yakni, Oxford tahun 1096 dan Cambridge tahun 1209.

Dengan umur yang hampir satu milenia, Oxbridge mampu membangun reputasinya sebagai universitas elit di dunia. Lebih dari 140 penerima Nobel, 11 penerima Fields Medal, 3 Abel prize, dan puluhan pemimpin dunia pernah berkuliah atau berafiliasi dengan dua universitas ini.

Selain dua universitas “tradisional” di atas, kota Oxford juga menjadi rumah universitas besar lainnya yaitu Oxford Brookes University. Salah satu bidang unggulan di Oxford Brookes adalah arsitektur. Oxford School of Architecture di Oxford Brookes adalah salah satu institusi pendidikan arsitektur terbesar di Britania Raya. Berbeda dengan Oxbridge, Oxford Brookes cenderung fokus kepada ilmu-ilmu terapan dan praktis.

“Dengan fakta tersebut, tak bisa dipungkiri bahwa berkuliah di kota Oxford atau Cambridge adalah salah satu modal yang sangat berharga untuk mengembangkan diri dan menggapai mimpi masa depan,” kata President PPI Oxford 2016/2017 Sandoko Kosen dalam keterangan tertulis, Minggu (6/8).

Oleh sebab itu, dari tahun ke tahun, PPI Oxford menyelenggarakan Oxford Education Day.

Tujuannya untuk memberikan gambaran dan menyediakan “peta” bagi pelajar-pelajar Indonesia untuk menuju universitas-universitas top di kedua kota tersebut.

“Dengan acara ini, diharapkan dapat terbangun jembatan yang memudahkan calon mahasiswa dari Indonesia untuk berkuliah di universitas-universitas top dunia di kota Oxford dan Cambridge,” paparnya.

PPI Oxford bekerjasama dengan PPI Cambridge, PPI UK, Oxford University

Indonesia Society (Oxonis), dan Indonesian Society at Oxford Brookes (ISOB) mengundang 4 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kota Oxford dan Cambridge di antaranya Muhammad Najib (DPhil Computer Science, Oxford), Tracey Harjatanaya (DPhil Education, Oxford), Sabrina Anjara (PhD Public Health, Cambridge), dan Gede Maha Putra (PhD Urban Design, Oxford Brookes).

Keempat narasumber tersebut berbagi pengalaman dan kiat tentang proses penerimaan mahasiswa (S1, S2, S3), penyusunan personal statement dan proposal riset, informasi beasiswa yang tersedia, dan serba-serbi kehidupan akademis dan sosial di kota Oxford dan Cambridge.

Selain itu, turut diundang dua pembicara (Gunawan dan Harmein Ferdinal)

yang memberikan informasi kepada pelajar-pelajar SMA dan sederajat tentang program summer school, International Baccalaureate (IB), pre-university, dan program kepemimpinan di Oxford.

Acara Oxford Education Day 2017 diselenggarakan di St John’s College, University of Oxford pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus 2017, 15.00 – 18.30 WIB. Acara ini disiarkan secara langsung melalui live streaming di saluran YouTube resmi PPI Oxford.

Selain itu, ikut bergabung rekan-rekan mahasiswa Universitas Pertamina melalui telekonferensi dari Jakarta. Sebanyak kurang-lebih 100 peserta dengan antusias menyimak sekaligus bertanyajawab dengan para pembicara tentang seluk-beluk persiapan dan perkuliahan di Oxford dan Cambridge.

 

Sumber :

https://www.buzzfeed.com/danuaji/signs-of-the-cat-infected-with-rabies-6gklbipwse