Kerangka Anggota Gerak Bawah
tokomodemku Posted on 10:18 am

Kerangka Anggota Gerak Bawah

Kerangka Anggota Gerak Bawah

Kerangka Anggota Gerak Bawah

  • Os koksa (tulang pangkal paha)

Tulang koksa membentuk gelang panggul. Letaknya di setiap sis dan di depan bersatu dengan simpisis pubis dan membentuk sebagian besar tulang pelvis. Os koksa terdiri dari os ilium (tulang usus), os pubis (tulang kemaluan) dan os iski (tulang duduk).


  • Os femur (tulang paha)

Merupakan tulang pipa terpanjang dan terbesar. Kepala sendinya disebut kaput femoris, pada kolumna femoris terdapat taju yang disebut trokanter mayor dan minor. Dibagian ujung membentuk persendian lutut, terdapat dua buah tonjolan yang disebut kondilus medialis dan kondilus lateralis.


Os tibia dan fibularis merupakan tulang yang bentuk persendian lutut dengan os femur. Pada ujungnya tedapat tonjolan yang disebut os maleolus atau mata kaki luar. Os tibia bentuknya lebih kecil, pada bagian pangkal meletak os fibula, pada bagian ujung mementuk persendian dengan tulang pangkal kaki dan terdapat taju yang disebut os maleolus medialis.


  • Os tarsalia (tulang pangkal kaki)

Os tarsalia dihubungkan dengan tulang bawah oleh sendi pergelangan kaki. Terdiri dari tulang-tulang kecil yang banyaknya 5 buah yaitu :

  1. Talus (tulang loncat)
  2. Kalkaneus (tulang tumit)
  3. Navikular (tulang bentuk kapal)
  4. Os kuboideum (tulang bentuk dadu)
  5. Kunaiformi (3 buah): kunaiformi lateralis, kunaiformi intermedialis dan kunaiformi medialis,

Sumber: https://eu-studentvote.org/ridge-racer-apk/