Kelompok Masyarakat Industri dengan Masyarakat non Industri
tokomodemku Posted on 5:53 am

Kelompok Masyarakat Industri dengan Masyarakat non Industri

Kelompok Masyarakat Industri dengan Masyarakat non Industri

Kelompok Masyarakat Industri dengan Masyarakat non Industri
Kelompok Masyarakat Industri dengan Masyarakat non Industri

Membedakan Kelompok Masyarakat Industri dengan Masyarakat non Industri
Masyarakat Industri
Masyarakat yang mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing secara mandiri, jadi masyarakat industri itu berekerja dengan kemampuannya sendiri dan keahliannya yang dia miliki, contoh: tukang bakso, tukang sol, tukang las dan tukang-tukang lainnya. mereka biasanya hanya berkecimpung dalam satu bidang saja tetapi mereka itu semua memiliki keahlian yang khusus.
Masyarakat non Industri
Masyarakat non industri ini terbagi menjadi 2, ada kelompok primer dan ada kelompok sekunder. Bedanya dengan masyarakat industri adalah kalau disini mereka semua berkecimpung dibidang organisasi yang resmi maupun tidak resmi, jadi dari bidang mana saja mereka asih saling membutuhkan, bersifat kekeluargaan, tapi dalam kelompok sekunder semua terbalik, mereka benar-benar bersifat individualis jadi mereka ditentukan dalam organisasi karena keahliannya.

Makna Individu

manusia dalam arti individu berarti tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya. manusia itu satu kesatuan dari jiwa dan raganya yang tidak bisa dipisahkan. Kegiatan yang dilakukan itu pasti tidak akan terpisah dari jiwa dan raganya. Contoh manusia sebagai mahluk individu apaila manusia mengalami kegembiraan/ kesedihan pasti akan terpaut dari raut mukanya tapi juga dengan perasaan yang dia rasakan.
Ada pendapat lain dari makna individu, jadi manusia itu merupakan mahluk individu yang tidak akan sama kepribadiannya, kepribadiann seseorang pasti memiliki corak dan khas yang berbeda.Study Kasus
Seorang pedagang yang biasa menjualkan dagangannya dengan berkeliling, dia itu terus berjualan hingga waktunya pulang dan barang dagangannya habis. Sebenarnya dia itu adalah ketua RT di daerahnya dia juga aktif dalam organisasi kemasyarakatan. Setiap bulan ramadhan dia pasti mengadakan buka bersama di rumahnya dan memberikan barang dagangannya untuk berbuka puasa. Dia itu menjadi panutan dikalangan warganya karena kewibawaannya dan dia tidak merasa kecil karena hanya seorang pedagang, karena setiap ada masalah dia selalu mebicarakannya dengan warganya. Itu semua adalah sifat dari seorang pedagang yang dia miliki, dan sifat itu tidak pasti ada pada orang lain.

Baca Juga :