KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAJALAH

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAJALAH

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAJALAH

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAJALAH
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAJALAH

B.1. Kelebihan Majalah

Kelebihan majalah yang dapat kita nikmati adalah sebagai berikut:

  1. Dapat dinikamti lebih lama (long life span).
  2. Pembacaannya lebih selektif.
  3.  Dapat mengemukakan gambar yang menarik (Kualitas Visual).
  4.  Khalayak sasaran; salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi.
  5. Penerimaan khalayak; kemampuan mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestige majalah yang bersangkutan.
  6. Mempunyai kemampuan untuk menjangjau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi.
  7. Mempunyai kemampuan mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak terhadap prestise majalah yang bersangkutan.
  8.  Memiliki usia edar yang paling panjang dibanding media lainnya.
  9. Mempunyai kualitas visual yang baik karena umumnya majalah dicetak di ketas yang berkualitas tinggi.

B.2. Kekurangan  Majalah

Kekurangan majalah yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut.

  1. Biaya lebih relatif tinggi (mahal).
  2. Fleksibilitasnya rendah (terbatas).
  3. Proses distribusinya,banyak majalah yang peredarannya lambat sehingga hanya menumpuk di rak-rak toko. Ada juga majalah yang tidak memiliki jaringan distribusi yang tepat. Di beberapa daerah tertentu yang daya belinya tinggi namun sulit dijangkau, majalah sering tidak ada.
  4. Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
  5. Biaya yang dipakai untuk menjankau setiap kepala menjadi lebih mahal karena majalah hanya beberadar di lingkungan yang terbatas.
  1. Majalah Pada Era Digital

Awalnya, majalah elektronik hanya mengambil artikel dari versi cetak yang kemudian diposting secara online. Tujuannya hanya untuk memancing konsumen agar tetap berlangganan versi cetak dari majalah tersebut. Namun, saat ini majalah elektronik sudah semakin canggih dan berkembang sehingga mampu membuat majalah yang memiliki konten serta karakteristik yang original dari masing-masing majalah tersebut.

Bagi penerbit, majalah berbasis internet yang melakukan penyampaikan informasi lewat didunia maya ini tentunya harus lebih berhati-hati. Editor harus memegang kendali terhadap kontent-konten yang masuk. Hal tersebut digunakan untuk memastikan bahwa tidak ada kontent yang menyinggung dan tidak menyenangkan bagi khalayak.

Majalah elektronik saat ini juga sudah mulai memanfaatkan teknologi new social media seperti Twitter, Facebook, dan link terkait lainnya. Majalah-majalah tersebut biasanya membuat account dari sosial media yang terintegrasi dengan situs majalah itu sendiri. Manfaatnya adalah sebagai wadah untuk berinteraksi antara penerbit dengan pembaca, maupun pembaca dengan pembaca lainnya. Meskipun majalah elektonik itu sendiri biasanya sudah memiliki layanan chat room, kolom komentar, dan email.

C.1.   Kekurangan dan Kelebihan Majalah Elektronik

Sekarang kita bisa melihat, bagaimana internet memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sikap dan perbuatan sebagian masyarakat kita, hampir seluruh masyarakat kota sudah sangat dekat dengan internet, masyarakat desa juga mulai terpengaruh oleh keadaan yang memaksa mereka untuk maju dengan menggunakan teknologi.

Salah satu media massa yang menggunakan atau memanfaatkan kehadiran internet adalah majalah. Sekarang ini sebagian majalah sudah mulai merombaknya bukan dalam bentuk hard copy atau cetak lagi namun dalam bentuk digital yang mudah di akses dimanapun dan memiliki kepraktisan tersendiri.

Adapun manfaat atau kelebihan, jika kita menggunakan media digital yaitu:

  1. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan media elektronik yang juga mudah dibawa kemana saja. Seperti handphone, blackberry, android, iPhone, iPad, dan sebagainya
  2. Tampilan majalah akan lebih menarik dengan adanya pop up dari teks, gambar maupun iklan yang bergerak
  3. Majalah versi digital dapat lebih dulu dinikmati sebelum versi cetaknya terbit
  4. Pembaca dapat dengan mudah mengirimkan artikel kepada rekannya, memesan produk iklan yang terdapat diwebsite, dan mencari topik-topik hangat yang pernah ada diartikel edisi sebelumnya
  5. Penerbit dapat mengurangi biaya produksi dan distribusi majalah.
  6. Tidak membutuhkan ruangan atau tempat yang luas untuk penyimpanannya, karena berkas menggunakan format file digital
  7. Membantu mengurangi dampak pemanasan global dengan penggunaan kertas yang semakin mahal dan persediaan yang semakin menipis.
  8. Informasi (berita) dapat disampaikan secara cepat,
  9. Biaya produksi cenderung lebih murah.
  10. Kejadian suatu berita dapat diberitakan secara langsung.

Sedangkan kekurangan media digital :

  1. Media elektronik yang digunakan untuk mengakses majalah elektronik cukup mahal.
  2. Hanya dapat dinikmati oleh sebagian kalangan yang mengerti akan teknologi saja yang berdampak pada terbatasnya sasaran pasar.
  3. Teknologi yang berbasis listrik suatu saat akan mengalami masa kedaluarsa, dimana teknologi tersebut tidak akan dapat dipergunakan lagi
  4. Membuat indera penglihatan (mata) lebih cepat lelah karena teknologi elektronik memancarkan radiasi. Pada jangka panjang, radiasi tersebut juga akan berdampak bagi kesehatan manusia.

Sumber: https://sel.co.id/