Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Fungsi Model Pembelajaran

Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Fungsi Model Pembelajaran

Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Fungsi Model Pembelajaran

Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Fungsi Model Pembelajaran
Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Fungsi Model Pembelajaran

Pengertian Strategi pembelajaran  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian strategi  (1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Soedjadi (1999 :101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode dapat digunakan lebih dari satu teknik. Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian :

 

teknik  metode  pendekatan  strategi model’

Istilah  “ model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran meliputi suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya.

Lebih lanjut  Ismail (2003) menyatakan  istilah Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak \

 

dipunyai oleh strategi atau metode tertentu yaitu :

  1. Rasional Teoritik yang logis disusun oleh perancangnya,
  2. Tujuan Pembelajaran yang akan dicapai,
  3. Tingkah Laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan secara berhasil dan
  4. Lingkungan belajar  yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.

Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah Model Pembelajaran.Jadi, model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.

Model Pembelajaran menurut Bruce Joys dan Marsha Weil terdiri dari empat kelompok yaitu :

  1. Model Interkasi So
  2. Model Pengolahan Informasi
  3. Model Personal – humanistik dan
  4. Model modifikasi tingkah laku

Baca Juga :