Jenis-Jenis Rantai Makanan Di Beraneka Macam Ekosistem

Jenis-Jenis Rantai Makanan Di Beraneka Macam Ekosistem

Jenis-Jenis Rantai Makanan Di Beraneka Macam Ekosistem

Jenis-Jenis Rantai Makanan Di Beraneka Macam Ekosistem
Jenis-Jenis Rantai Makanan Di Beraneka Macam Ekosistem

1. Rantai Makanan di Sawah

Pertama, mari kita bahas teladan rantai masakan di ekosistem lahan basah. Sawah merupakan ekosistem buatan yang terdiri dari organisme yang hampir homogen di semua tingkat trofik. Dalam ekosistem ini, tanaman padi dan rumput menjadi organisme atau produsen autotrofik yang sanggup menciptakan masakan sendiri melalui proses fotosintesis. Oleh alasannya yakni itu, kedua organisme ini merupakan tingkat trofik terendah dalam rantai masakan di sawah. Inilah contohnya.
Energi surya – Beras – Burung bibit – Ular padi – Elang – pengurai
Energi surya – Rumput – Serangga – Tikus – Ular padi – pengurai
Energi surya – Beras – Tikus – Elang – Pengurai
Energi surya – Beras – Serangga – Katak – Ular padi – Elang – pengurai
Energi surya – Beras – siput mas – Kodok – Ikan – Ular padi – pengurai

2. Rantai Makanan di Ekosistem Laut

Laut yakni ekosistem perairan yang paling luas di dunia. Karena itu, banyak makhluk hidup mengakibatkan maritim sebagai habitatnya. Begitu banyak makhluk hidup yang hidup di maritim menciptakan di ekosistem maritim ada jaring masakan yang kompleks. Namun, dalam hal organisme yang menjadi produsen di ekosistem ini umumnya sama, yaitu alga dan fitoplankton. Nah, berikut ini yakni teladan rantai masakan di maritim yang telah kita susun.
Energi matahari – ganggang – ikan kecil – ikan besar – hiu – pengurai
Energi surya – fitoplankton – ikan kecil – crane – ular maritim – pengurai
Energi surya – fitoplankton – udang – ikan – singa maritim – hiu – pengurai

3. Rantai Makanan Di Sungai

Sungai tersebut disebut ekosistem perairan teratai atau ekosistem perairan yang mengalir. Di sungai, organisme yang berperan sebagai penghasil ganggang umumnya sanggup melaksanakan fotosintesis dengan dukungan sinar matahari. Berikut yakni beberapa teladan rantai masakan di sungai.
Energi surya – ganggang – ikan – bangau – buaya – pengurai
Energi matahari – alga – ikan – beruang – pengurai

4. Rantai Makanan di Hutan

Ekosistem hutan meliputi ekosistem alami yang mempunyai keanekaragaman hayati tinggi. Oleh alasannya yakni itu, rantai masakan di ekosistem hutan juga tergolong rantai yang kompleks. Inilah teladan rantai masakan di ekosistem hutan yang sanggup kita kompilasi.
Energi surya – rumput – kelinci – ular – elang – pengurai
Energi surya – tanaman – tikus – ular – elang – pengurai
Energi surya – rumput – kambing – harimau – pengurai

5. Rantai Makanan di Danau

Danau ini meliputi ekosistem maritim yang terbentuk secara alami. Meski begitu, ada danau buatan yang biasa disebut istilah reservoir. Contoh rantai masakan berikut di danau menggambarkan tugas besar fitoplankton dalam mendukung kehidupan organisme di ekosistem danau. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)
Energi surya – fitoplankton – zooplankton – capung larva – ikan – bangau – pengurai
Energi surya – fitoplankton – ikan – ular – elang – pengurai

6. Rantai Makanan di Ekosistem Gurun

Suhu udara dan ketersediaan air yang sangat kecil di ekosistem padang pasir menciptakan keterbatasan jumlah organisme yang sanggup bertahan di sana. Namun, beberapa tanaman xerophytes atau tanaman yang sanggup bertahan hidup dengan sedikit ketersediaan air masih sanggup menjadi penghasil untuk kelangsungan hidup organisme padang pasir. Beberapa teladan rantai masakan di ekosistem gurun berikut menggambarkan tugas penting xerophyt ini.
Energi matahari – rumput – Cottontail kelinci – rubah kit – coyote – pengurai
Energi surya – rumput – kelinci – ular – elang – pengurai

7. Rantai Makanan di Ekosistem Taman

Ekosistem taman yakni ekosistem buatan. Karena itu, keragaman makhluk hidup di ekosistem ini rendah. Beberapa teladan rantai masakan di kebun telah disajikan sebagai berikut.
Energi surya – bunga – ulat – burung pipit – elang – pengurai
Energi surya – sawi – ulat – burung – kucing – pengurai

8. Rantai Makanan di Ekosistem Tambak

Sama menyerupai ekosistem taman, ekosistem kolam juga termasuk ekosistem yang sengaja dibentuk oleh manusia. Peran fitoplankton dan alga dalam rantai masakan di ekosistem ini sangat tinggi. Buktinya sanggup dilihat pada skema berikut.
Energi surya – pitoplankton – ikan – bangau – pengurai
Energi matahari – alga – ikan – ular – elang – pengurai

9. Rantai Makanan di Ekosistem Rawa

Rawa merupakan tempat yang secara musiman atau permanen selalu tergenang air. Ekosistem rawa biasanya sanggup ditemukan di tempat yang bersahabat dengan laut. Contoh rantai masakan di ekosistem rawa adalah:
Energi matahari – alga – ikan – kucing – pengurai
Energi surya – ganggang – ikan – bangau – pengurai

10. Rantai Makanan Dalam Ekosistem Savana

Ekosistem Savana atau padang rumput yakni ekosistem yang umumnya terbentuk di iklim tropis atau subtropis dengan curah hujan yang berkisar antara 25 hingga 30 cm per tahun. Dihuni oleh banyak rumput, ekosistem ini yakni tempat yang paling nyaman untuk herbivora. Herbovore yang berkumpul di sana menciptakan karnivora datang untuk memangsa mereka. Berikut ini yakni teladan siklus masakan yang terjadi siklus di ekosistem sabana.
Energi surya – rumput – zebra – singa – pengurai
Energi surya – rumput – domba – serigala – pengurai