Jenis Dasar Perangkat Lunak

Jenis Dasar Perangkat Lunak

Jenis Dasar Perangkat Lunak

Jenis Dasar Perangkat Lunak
Jenis Dasar Perangkat Lunak

1. Sistem

Diperlukan untuk menggunakan komputer itu sendiri, merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Program sistem dapat di bagi dalam tiga klasifikasi yaitu sistem operasi, program utility dan program khusus

Sistem operasi mengelola proses komputer berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak aplikasi dan perangkat keras. Contoh : DOS, WINDOWS, UNIX, LINUX.

5 Dasar Sistem Operasi

Ada lima fungsi dasar yang dilaksanakan suatu sistem operasi :

a. Menjadwalkan tugas.
b. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak.
c. Menjaga keamanan sistem
d. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai.
e. Menangani interupt (suatu teknik yang digunakan oleh sistem operasi untuk menunda sementara pemrosesan satu program supaya program lain dapat dilaksanakan.

Program utility, memungkinkan pemakai untuk menyalin file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih dan menyiapakn pemakaian media penyimpanan yang dapat dipindahkan.

Program bertujuan khusus, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi dan memberikan layanan khusus kepada program aplikasi. Contoh : sistem manajemen database.

2. Aplikasi

Merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan seperi misalnya jika kita menggunakan komputer untuk keperluan perkantoran, maka harus disiapkan aplikasi perkantoran seperti MS Word, MS Excell, Power point serta MS Access. Untuk keperluan percetakan bisa menggunakan corel draw, adobe photoshop dll.

Jenis Perangkat Lunak Aplikasi

Ada dua jenis dasar perangkat lunak aplikasi yaitu :

1. Perangkat lunak aplikasi jadi : diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pemakai. Untuk menggunakannya para pemakai hanya perlu menginstall perangkat lunak diperangkat keras mereka dengan sedikit atau tanpa memodifikasi. Perangkat lunak jadi memiliki dua keunggulan yaitu : tersedia saat dibutuhkan tanpa harus menunggu dan harganya lebih murah.

2. Perangkat lunak aplikasi pesanan : ada kalanya organisasi bisnis memiliki operasi yang tidak serupa dengan bisnis lain, dia ingin mengembangkan sistemnya sendiri, maka dia perlu pesan program yang sesuai dengan organisasi bisnisnya.

Sumber: https://www.galerinfo.com/