Isilah massa Adalah
tokomodemku Posted on 1:29 pm

Isilah massa Adalah

Isilah massa Adalah

Isilah massa Adalah
Isilah massa Adalah
  1. Pengertian

Isilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tetapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain. Massa diwakili oleh orang-orang yang berperanserta dalam perilaku, misalnya seperti mereka yang terbangkitkan minatnya oleh beberapa peristiwa nasional, mereka yang menyebar di berbagai tempat, mereka yang tertarik pada suatu peristiwa pembunuhan sebagai yang diberitakan dalam pers atau mereka yang berperanserta dalam suatu migrasi dalam arti luas.

  1. Ciri-Ciri Massa
  2. a)Keanggotaannya berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata sosial, meliputi orang-orang dari berbagai posisi kelas yang berbeda, dari jabatan kecakapan, tingkat kemakmuran atau kebudayaan yang berbeda-beda. Orang bisa mengenali mereka sebagai massa, misalnya orang-orang yang sedang mengikuti peradilan tentang pembunuhan misalnya malalui pers
  3. b)Massa merupakan kelompok yang anonim, atau lebih tepat, tersusun dari individu-individu yang anonim.
  4. c)Sedikit interaksi atau bertukar pengalaman antar anggota-anggotanya. Secara fisik mereka biasanya terpisah satu sama lain serta anonim, tidak mempunyai kesempatan untuk menggerombol seperti yang biasa dilakukan oleh crowd.
  5. d)Very loosely organized, serta tidak bisa bertindak secara bulat atau sebagai satu kesatuan seperti halnya crowd.

Baca Juga :