GERAKAN PADA RENANG GAYA SAMPING
tokomodemku Posted on 5:18 pm

GERAKAN PADA RENANG GAYA SAMPING

GERAKAN PADA RENANG GAYA SAMPING

GERAKAN PADA RENANG GAYA SAMPING

1.      GERAKAN LENGAN

Dalam gaya renang samping, tentunya kedua lengan tersebut nantinya akan bergerak secara bersamaan, namun gerakan tersebut akan dilakukan dengan berbeda. Dalam hal ini juga bisa anda sebut saja sisi lengan yang tepat berada pada bagian bawah adalah sebuah lengan yang terdepan, dan lengan yang tepat pada sisi atas merupakan lengan yang berada di belakang.

Tentunya dalam memulai siklus renang tersebut, lengan anda yang berada paling depan berada di posisi lurus sampai dengan memanjang ke depan dengan posisi bagian telapak tangan yang menghadap ke bawah. Sedangkan lengan yang berada pada posisi sebaliknya atau lengan yang tepat pada belakang hanya akan mengikuti gerakan dan berada di sisi samping tubuh yang merupakan bagian isi teratas.

Lengan terdepan dari perenang tersebut kemudian akan menyapu atau mengayuh mundur dengan melakukan sebuah gerakan setengah melingkar. Pada saat itu, maka posisi telapak tangan anda akan mendorong air ke belakang, dengan menggunakan sebuah irama gerakan menyapu pertama ke bawah menjadi mengayuh ke belakang, lalu mengayuh ke atas, dan berakhir mengayuh ke dalam.

Pada akhir kondisi ini maka tangan perenang tersebut akan berada di depan dada perenang, dengan penggunaan posisi telapak tangan yang memutar ke atas. Gerakan ini juga sudah merupakan gerakan fase pendorong yang terdapat pada lengan terdepan. Untuk lengan yang paling belakang bergerak maju untuk ke depan dengan cara anda melipat bagian siku anda tersebut ke bagian depan.

2.      GERAKAN KAKI

Pada renang gaya samping ini tentunya akan menggunakan gerakan kaki yang seperti gerakan menggunting, dimana kaki anda akan bergerak secara bersama-sama namun arahnya akan berlawanan, ibarat seperti sebuah gunting. Kaki yang ada pada bagian sisi samping teratas tersebut nantinya akan bergerak maju di depan tubuh, dan pinggul anda serta lutut anda akan terjaga untuk menekuk bersama.

Kaki anda pada bagian sisi bawah akan bergerak dengan arah berlawanan dari sisi arah atas dimana sendi panggul anda akan membentuk sudut kurang lebih dari 90 derajat, hingga nantinya kaki pada bagian bawah tersebut tampak seperti terlipat hampir menyentuh bokong. Kemudian pada tahap yang selanjutnya, kaki bergerak menutup hampir sama dengan menutup gunting.

Pada kaki bagian atas anda digerakkan dengan menutup kembali sambil menuju sumbu lurus terhadap tubuh sehingga nantinya pada bagian betis dan telapak kaki secara efektif bisa mendorong air. Untuk itu maka kaki bagian bawah juga akan melakukan gerakan menutup dengan cara membuat kembali menjadi sebuah sumbu lurus tubuh sehingga pada bagian tulang kering melakukan dorongan ke arah air.

3.      KOORDINASI ANTARA GERAKAN LENGAN DAN KAKI ANDA

Pada awalnya memang koordinasi antara bagian lengan dan kaki sehingga anda akan terasa sulit, mengapa? Mengingat tubuh anda tersebut dengan melakukan gerakan asimetris. Pada saat yang sama anda melakukan gerakan, lengan atas dan bagian atas lutut dengan bergerak ke arah dalam pada waktu yang sama, yang bisa anda lakukan dengan baik.


Baca Juga :