tokomodemku Posted on 11:58 am

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perbaikan dan Penyempurnaan Kurikulum

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perbaikan dan Penyempurnaan Kurikulum

Menurut Oemar Hamalik, kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi pengembangan kurikulum yaitu :

  1. a)Perguruan tinggi; kurikulum minimal mendapatkan dua pengaruh dari pendidikan tinggi, yaitu dari pengembangan pengetahuan yang dikembangkan di perguruan tinggi dan pendidikan guru yang umumnya dilaksanakan di perguruan tinggi keguruan.
  2. b)Masyarakat; sekolah merupakan bagian dari masyarakat dan mempersiapkan anak untuk kehidupan di masyarakat.
  3. c)System nilai; dalam kehidupan masyarakat terdapat system nilai, baik nilai moral, nilai social maupun nilai politis..
  4. d)Artikulasi kurikulum; artikulasi dalam pendidikan berarti “kesatu paduan dan koordinasi semua pengalaman belajar”. [12]

Menurut Santoso Hamijoyo, yang dikutip Oemar Hamalik, bahwa enam hal yang melandasi proses dan tujuan pendidikan yang dalam pengembangan kurikulum harus diperhitungkan yaitu : filsafat, lingkungan sosiokultural termasuk system nilai yang berlaku, perkembangan anak (fisik, psikologis dan social), perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan akan tenagakerja dan realita kebutuhan yang ada, baik berupa pendukung maupun penghambat.

Berdasarkan dua pendapat di atas, kami berpendapat bahwa suatu kurikulum mengalami pengembangan dan penyempurnaan karena dipengaruhi oleh perubahan atau dinamisnya suatu kehidupan masyarakat, berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi, pertumbauhan dan perkembangan peserta didik, perkembangan social budaya, tata nilai dan kebutuhan tenaga kerja, perkembangan politik bangsa  serta untuk menjawab tentangan masa depan.

sumber :

https://apkmod.co.id/seva-mobil-bekas/