Elektronik Market
tokomodemku Posted on 7:39 am

Elektronik Market

Elektronik Market

Elektronik Market

Elektronik market disebut juga dengan E-Market Places. Yang mana suatu pasar adalah tempat terjadinya interaksi antara informasi, produk, jasa dan pembayaran dipertukarkan. Electronic Markets (Ems) adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.

Dalam pengertian lain, Ems adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas Ems bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, yaitu dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

Digunakan dalam sektor :

  • Sistem reservasi penerbangan
  • Pasar keuangan dan komoditas
  • Biasanya digunakan melalui jalur perantara (intermediary)

Keuntungan dan Kerugian
a. Keuntungan Konsumen :
Mudah untuk mengakses informasi harga / jasa yang komparatif
b. Keuntungan Supplier :
Keuntungan akses pasar
Kerugian perbandingan harga yang mudah dilakukan oleh konsumen

Perkembangan Electronic Market
a. Sistem e-Procurement
Sistem procurement berbasis internet untuk “non-production goods”
Contoh : www.ariba.com
b. Sistem analog
Agen perjalanan online
Lelang online

2.6              Elektronik data Interchange

Electronic data interchange (EDI) adalah sarana mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “Transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.

EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia. Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

Dikenal juga sebagai : PAPERLESS TRADING
Didefinisikan sebagai : “The transfer of structured data, by agreed message standards,  from one computer system to another by electronic means”.

(Pengalihan data terstruktur, dengan standar pesan yang disepakati, dari satu sistem komputer ke komputer lain melalui sarana elektronik).

Data terstruktur

  1. Dokumen yang terstandarisasi
    Contoh : Order/Invoice
    b. Pengkodean
    Contoh : Product Code/Customer Code
  2. Biasanya menggunakan standar umum
    Sumber :

    https://nomorcallcenter.id/

  3. Nilai / harga
    Contoh : Quantity Ordered