tokomodemku Posted on 10:11 am

Desain Kamar Mandi Industrial

Saat ini gaya desain industrial sudah terkenal dan terdengar sangat familiar di telinga kita. Baik itu desain interior untuk kafe, kantor, toko tukang cukur, atau bahkan rumah pribadi, sangat mudah menemukan gaya desain industri. Gaya desain industrial menjadi salah satu pilihan gaya desain interior yang dapat memberikan kesan unik dan artistik pada setiap ruangan.

Gaya industrial seringkali menggunakan satu warna untuk memberikan kesan maskulin. Ciri khasnya adalah menggunakan bahan yang cenderung kasar, seperti logam atau baja yang sengaja diekspos, untuk lebih menonjolkan karakter aslinya. Material yang digunakan adalah material daur ulang dan material industri seperti kaca, besi, dan aluminium. Material industri diolah untuk menampilkan elemen interior yang menarik.

Industri pada awalnya merupakan gaya desain yang banyak digunakan di Eropa, karena banyak bangunan pabrik sebelumnya sudah usang. Penyesuaian telah dilakukan agar bangunan tersebut nyaman dan layak huni agar tidak terbuang percuma atau dibiarkan begitu saja. Kemudian lahirlah konsep desain loteng, di mana bangunan tersebut didesain ulang tanpa mengubah karakter asli bangunan aslinya secara signifikan.

Dari ide tersebut lahirlah gaya desain industrial dengan citra visual yang menggabungkan tekstur kasar, dinding ekspos, dan kesan unfinished. Seiring waktu, gaya desain ini semakin berkembang. Gaya industrial banyak digunakan sebagai pilihan gaya desain untuk ruang bisnis dan rumah modern, serta bangunan tua.

Tidak terkecuali desain interior kamar mandi. Gaya industrial memiliki keunikan tersendiri jika dijadikan pilihan utama untuk gaya interior kamar mandi. Tampilannya yang kasar dan belum selesai membuat tampilan kamar mandi sangat unik dan berbeda. Buat orang terkesan dengan desain kamar mandi bergaya industri artistik dan artistik.

Desain kamar mandi industri; batu bata dan semen

Bata sering digunakan tidak hanya sebagai bahan utama, tetapi juga sebagai elemen dekoratif gaya industri. Anda bisa mendekorasi dinding kamar mandi dengan batu bata alami warna natural. Batu bata memiliki tampilan kasar dan belum selesai yang khas dan terlihat sangat artistik. Cocok digunakan sebagai elemen dekoratif utama pada dinding kamar mandi industri.

Di sisi lain, lantai bisa berupa lantai parket, acian atau semen. Hindari menggunakan lantai keramik atau granit untuk memberikan tampilan industri pada kamar mandi Anda.

Desain kamar mandi industri; tunjukkan pipa

Untuk bangunan pabrik, pipa, listrik, ventilasi, dan elemen lainnya harus dibiarkan terbuka. Anda juga bisa menggunakan beton untuk bahan kamar mandi industri. Beton telah banyak digunakan di pabrik industri pada abad ke-19 karena sifatnya yang kuat, berbiaya rendah, dan tahan lama.

Desain keren lainnya: Jasa Arsitek Lampung

Desain kamar mandi industri; lampu gantung

Sebagai sentuhan akhir, Anda bisa menghadirkan pencahayaan dan dekorasi dari bola lampu gantung yang panjang. Bawalah beberapa lampu gantung ke kamar mandi Anda. Gunakan lampu gantung bercat porselen atau gunakan penutup aluminium.

Selain bohlam, lampu fluorescent redup juga bisa digunakan sebagai elemen penerangan dekoratif untuk mengesankan dan mempercantik suasana industri.