tokomodemku Posted on 12:58 pm

Dampak Kebijakan Moneter

Dampak Kebijakan Moneter

    Setelah memahami sejumlah pengertian, fungsi, tujuan, bahkan instrumen dari kebijakan moneter yang ada di Indonesia.

Lalu apa sajakah dampak yang ditimbulkan dari kebijakan ini?

    Kebijakan yang digunakan untuk meningkatkan serta digunakan untuk menjaga kestabilan ekonomi yaitu menggunakan kebijakan ini.

    Ada beberapa peneliti yang menyebutkan bahwa fungsi uang yang digunakan sebagai alat tukar, juga berfungsi untuk penyimpanan nilai.

    Dari fungsi inilah, yang membuat uang digunakan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. Sebuah perubahan dalam jumlah uang yang akan beredar ini akan berpengaruh terhadap nilai suku bunga jangka pendek dan juga jangka menengah yang ada di dalam pasar uang.

    Selain itu juga akan mempengaruhi peningkatan dari sejumlah pendapatan nasional.

     Untuk dampak positif dari kebijakan ini adalah mampu untuk mengatur dalam pembuatan dan juga pengedaran Rupiah di seluruh Indonesia.

     Sedangkan untuk dampak negative yang bisa didapatkan adalah apabila nantinya uang yang diedarkan ini jumlahnya sedikit, maka akan terjadi krisis ekonomi.

 Contoh Kebijakan Moneter

Hal terakhir yang harus kamu pahami dalam pembelajaran kebijakan moneter yang terjadi di Indonesia adalah mengetahui contohnya. Beberapa contoh dari kebijakan yang pernah dilakukan di Indonesia diantaranya sebagai berikut ini:

      Bank Indonesia melakukan lelang berupa sertifikat yang mereka miliki atau cara lain yang bisa dilakukan adalah membeli sejumlah surat-surat berharga yang ada di pasar modal.

      Bank Indonesia juga dapat menurunkan sejumlah tingkat suku bunga yang ada khususnya ketika kondisi dalam ekonomi sudah sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Namun sebaliknya, apabila Bank Indonesia nantinya menaikkan nilai tingkat suku bunga mereka, maka hal ini digunakan semata-mata untuk membatasi sejumlah kegiatan ekonomi agar peredaran uang mulai berkurang.

      Ketika nantinya ekonomi mulai mengalami resesi, maka peredaran uang akan ditambah sehingga aktivitas ekonomi nantinya akan semakin meningkat. Untuk beberapa contohnya adalah pembelian dari sejumlah surat-surat berharga.

      Ketika nanti terjadi inflasi, maka Bank Indonesia mampu mengurangi sejumlah peredaran uang yang ada di masyarakat. Cara yang bisa dilakukan adalah menjual sejumlah surat-surat berharga sehingga mampu mengurangi sejumlah aktivitas kegiatan ekonomi yang cukup berlebihan.

F.Pengertian Otoritas Moneter

    Otoritas moneter adalah suatu entitas yang memiliki wewenang untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar pada suatu negara dan memiliki hak untuk menetapkan suku bunga dan parameter lainnya yang menentukan biaya dan persediaan uang. Umumnya otoritas moneter adalah bank sentral, meskipun kadang kala lembaga eksekutifpemerintah mempunyai hak tertinggi untuk menetapkan kebijakan moneter dengan cara mengendalikan bank sentral. Ada berbagai jenis otoritas moneter lainnya, seperti dibentuknya satu bank sentral untuk beberapa negara, terdapatnya suatu dewan yang mengontrol jumlah uang yang beredar terhadap mata uang lain, dan juga diperbolehkannya beberapa entitas untuk mencetak uang kertas ataupun uang logam.

sumber :

https://www.aboelwen.com/lost-artifacts-apk/