Cara Mengurangi Dampak Mengonsumsi Mie Instan

Cara Mengurangi Dampak Mengonsumsi Mie Instan

Cara Mengurangi Dampak Mengonsumsi Mie Instan

Cara Mengurangi Dampak Mengonsumsi Mie Instan
Cara Mengurangi Dampak Mengonsumsi Mie Instan

a. Mengonsumsi Minimal Seminggu Sekali

Sudah diketahui banyak orang bahwa tidak baik untuk kesehatan jika mengonsumsi mie instan terlalu sering. Mie instan boleh-boleh saja dikonsumsi tapi minimal satu minggu sekali saja. Itupun jika anda benar-benar ingin memakannya. Jangan biasakan diri anda untuk mengonsumsi mie instan.
Terlalu banyak mengonsumsi mie instan disinyalir akan menimbulkan banyak efek negatif bagi tubuh oleh karena kandungan bahan pengawet atau penyedap rasanya. Kemudian, selain kandungan karbohidrat, mie instan tak cukup memiliki kandungan vitamin, mineral, atau serat, yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga, pada dasarnya mie instan tidak cukup memiliki nutrisi bagi keseimbangan gizi tubuh manusia.

b. Jangan Memakai Air Rebusannya

Mengonsumsi mie instan dengan memakai air rebusannya memang rasanya lebih enak. Namun, hal ini jangan anda biasakan karena dalam jangka panjang, bahan kimia tersebut akan sangat berbahaya. Alangkah baiknya, jika mengonsumsinya menggunakan air rebusan yang baru saja agar bisa mengurangi risiko terkena efek negatif.
Walaupun air rebusan pertama tidak digunakan, namun sebenarnya zat pengawet ini tidak akan hilang seratus persen. Zat-zat yang terkandung hanya akan berkurang sedikit ketika air rebusan pertama dibuang. Kandungan minyak, bahan pengawet, msg, dan zat pewarna masih akan tetap menempel pada mie instan meski kadarnya sudah berkurang beberapa persen.
Dalam jangka panjang, bahan kimia tersebut juga akan sangat berbahaya bagi kecantikan wajah dan kulit. Kulit menjadi lebih kering, yang kelak akan menimbulkan berbagai gejala penuaan dini.

c. Tambahkan Sayur

Agar tetap sehat mengonsumsi mie instan, anda bisa tambahkan berbagai jenis sayur. Tambahkan sayur-mayur, seperti tomat, sawi hijau, toge, daun bawang, dan sayuran kesukaan anda lainnya.

d. Jangan Memakai Nasi

Kandungan karbohidrat juga ada di dalam mie instan. Untuk mengonsumsinya, jangan lagi ditambahkan nasi. Nasi juga memiliki karbohidrat sehingga jika memakannya secara bersamaan akan berdampak buruk pada kesehatan. Selain menambahkan sayur-mayur, anda juga bisa menambahkan berbagai jenis makanan lain yang memiliki kandungan protein, seperti telur.