Cara Menanam Melon dalam Pot
tokomodemku Posted on 2:12 pm

Cara Menanam Melon dalam Pot

Cara Menanam Melon dalam Pot

Cara Menanam Melon dalam Pot
Cara Menanam Melon dalam Pot

Sipat-sipat Tanaman Melon

Tanaman melon seolah-olah dengan semangka , yaitu bercabang banyak. Namun , bulu batangnya lebih halus. Bunga melon berumah satu dan berkelamin tunggal. Ada pun bunga yang muncul pertama sampai kelima biasanya bunga jantan. Tipe buah melon berbagai , di antaranya ada yang berkulit kuning , putih kekuningan , dan hijau. Namun , berdasarkan kulitnya , melon dapat dibagi menjadi tiga jenis , yakni kulit berjaring , kulit berjaring tetapi tidak terperinci , dan kulit halus tanpa jaring. Semua buah melon berbiji banyak , terkumpul dalam rongga buah yang diliputi lendir.

Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Tumbuh di dataran menengah yang suhunya agak hambar , yakni pada ketinggian tempat 300—l.000 m dpl. Kurang dari angka tersebut , pertumbuhan buah kurang maksimal.
Lebih senang berada di kawasan terbuka. Tanaman melon membutuhkan penyinaran selama 10 jam per hari.
Rata-rata suhu yang dikehendaki 25—30° C dan kelembapan udara 70—80%.

Jenis-jenis Melon

Kebanyakan jenis melon yang ada dikala ini merupakan jenis melon hibrida. Beberapa jenis melon hibrida yang kini banyak dibudidayakan di antaranya honey dew , jade dew , autumn sweet , emerald sweet , sky rocket , select rocket , new century , golden prize , silver light , red queen , action 434 , ten me , dan eagle.

Bibit Melon untuk Tabulampot

Umumnya , tanaman melon dijual hanya berupa benih yang dikemas plastik , bukan berupa tanaman yang sudah tumbuh. Satu plastik berisi puluhan sampai ratusan benih , tergantung pada harga dan besarnya kemasan. Benih ini mampu dibeli di toko bibit buah dan sayuran.

Perlakuan Sebelum Menyemai Benih

Rendam benih di dalam air selama satu malam. Setelah itu , peram benih pada suhu yang hangat selama 2 hari.
Siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 5 : 1. Masukkan media tersebut ke dalam polibag atau pot kecil. Buat lubang tanam , lalu masukkan benih melon dengan posisi ujung yang lancip berada di bawah. Tutup lagi dengan media semai , lalu siram.
Letakkan pot berisi benih di tempat yang memperoleh sinar matahari. Namun , buatkan pelindung dari plastik bening. Pelihara sampai bibit siap tanam , yaitu telah memiliki 4—5 helai daun.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/7-cara-budidaya-jamur-tiram-bagi-pemula-100-berhasil/

Memindahkan Bibit Melon dari Polibag ke Pot

Siapkan pot plastik berdiameter 30 cm atau lebih.
Siapkan juga media tanam berupa campuran tanah , pupuk sangkar , pasir , dan sekam bakar dengan perbandingan 4 : 2 : 1 : 1.
Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot sampai ketinggian sekitar 5 cm dari bibir pot. Tambahkan pupuk NPK sebanyak 50 gram dan Furadan 3G sebanyak 20 gram di atasnya.

Masukkan bibit melon ke dalam media tanam secara hati-hati semoga tidak merusak perakaran.
Pasang ajir sedini mungkin sebagai tempat untuk merambat tanaman. Ajir mampu terbuat dari bambu , paralon , atau besi dengan ketinggian mencapai 1 ,5—2 meter. Siram media semoga media tanam menjadi basah , lalu letakkan pot atau polibag di tempat yang memperoleh sinar matahari. Jika tanaman sudah lebih besar , lakukan repotting semoga kebutuhan nutrisi tanaman mampu terjaga baik.