Cara Melatih Ikan Cupang Aduan ala Master

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan ala Master

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan ala Master

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan ala Master
Cara Melatih Ikan Cupang Aduan ala Master

Bagaimana cara melatih ikan cupang aduan? Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang mempunyai bentuk sangat menarik. Warnanya yang cerah berpadu dengan siripnya yang mengagumkan menjadi daya tarik tersendiri dari ikan ini. Namun di samping keindahannya tersebut, ikan cupang juga memiliki perangai yang agresif. Itulah kenapa ikan ini sering dijadikan sebagai materi aduan.

Berbeda dengan ikan cupang hias, pesona ikan cupang aduan terletak pada sifat dan karakteristik ikan tersebut. Semakin garang seekor ikan cupang, maka nilainya pun akan semakin tinggi. Hal ini juga dibuktikan dari kehandalan ikan tersebut dikala bertanding melawan ikan cupang aduan yang lain.

Sebelum dapat dipertandingkan, hendaknya ikan cupang aduan Anda dilatih terlebih dahulu. Tujuannya sudah pasti yaitu meningkatkan kemampuan tanding dan daya tahannya. Latihan yang rutin bisa meningkatkan kekuatan ikan cupang. Bukan tidak mungkin dengan latihan yang tepat, ikan cupang yang masih pemula sanggup mengalahkan para juara. Mau tahu diam-diam dalam melatih ikan cupang aduan? Berikut ini tips-tips selengkapnya!

Siapkan Ikan Cupang Aduan

ikan cupang – Siapkan ikan cupang aduan yang memiliki kualitas unggul. Ikan ini biasanya dihasilkan oleh indukan yang juga bermutu bagus. Pilih ikan cupang aduan dengan baik-baik. Ikan yang sehat umumnya sering mengeluarkan busa yang terapung di permukaan air. Di habitat alami, busa tersebut dipakai sebagai penanda wilayah kekuasaan. Perlu diketahui, ikan cupang aduan mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ikan cupang hias.

Latihan Tahap Pertama

Siapkan wadah yang berbentuk bundar dan ukuran penampangnya agak lebar. Isi wadah tersebut memakai air bersih. Masukkan ikan cupang ke dalam wadah. Lalu putarlah air searah dengan jarum jam menggunakan tongkat kayu sehingga membentuk pusaran. Lakukan gerakan memutar secara perlahan-lahan terlebih dahulu, kemudian meningkat sedikit demi sedikit. Hati-hati jangan hingga tongkat mengenai ikan cupang. Kerjakan latihan ini selama 30 menit dalam waktu 5 hari berturut-turut.

Latihan Tahap Kedua

Siapkan stoples bening yang ukurannya cukup tinggi dengan luas yang sempit. Misalnya Anda boleh menggunakan stoples yang memiliki luas ganjal 5-10 cm2 dan tingginya sekitar 1 m. Isilah air ke dalamnya hingga penuh. Kemudian masukkan ikan cupang ke dalam stoples tersebut selama 2-3 hari untuk melatih pernafasannya. Kalau bisa, paculah supaya ikan cupang senantiasa bergerak ke atas dan ke bawah. Caranya ambil plastik kresek yang dibentuk mirip ikan cupang, lalu tempelkan ke permukaan luar stoples. Ikan cupang yang terpancing emosinya akan mengikuti gerakan kresek tersebut.

Latihan Tahap Ketiga

Siapkan piring yang bersih. Pindahkan ikan cupang di atas piring tersebut. Isilah piring tadi menggunakan air hingga volumenya memiliki ketinggian sekitar setengah dari tinggi tubuh ikan cupang. Maksud dari latihan ini yaitu memicu ikan untuk terus bergerak mencari air sehingga otot-ototnya semakin berpengaruh serta tarikan nafasnya meningkat. Agar tidak membahayakan bagi kehidupan ikan cupang, latihan ini sebaiknya dilakukan selama 20-45 menit dalam waktu 2-3 hari berturut-turut.