Adik Bayi Datang dari Mana
tokomodemku Posted on 4:01 pm

Adik Bayi Datang dari Mana?

Adik Bayi Datang dari Mana?

Adik Bayi Datang dari Mana
Adik Bayi Datang dari Mana

Pertanyaan itu mungkin tak sedikit ditanyakan oleh buah hati Anda ketika ia menyadari kelahiran adik kecilnya. Jangan langsung tergopoh-tergopoh saat menjawabnya.

Justru saat pertanyaan ini dilontarkan anak, ini merupakan kesempatan baik bagi Anda

untuk mengajarinya proses tumbuh dan berkembangnya janin hingga lahir menjadi seorang bayi mungil yang lucu.

Hal ini disampaikan ginekolog sekaligus pakar seks dr Boyke Dian Nugraha, dalam sebuah buku yang disusunnya bersama dr Sonia Wibisono, berjudul “Adik Bayi Datang dari Mana: A-Z Pendidikan Seks Usia Dini” yang diluncurkan belum lama ini.

Menurutnya, orangtua tak perlu menjelaskan secara detail dengan istilah medis yang justru dapat membingungan anak. Ia menyarankan penggunaan kata-kata sederhana yang sesuai dengan usia anak sehingga anak dapat menyerapnya dengan baik.

“Katakan bahwa anak-anak akan bertambah besar dan perlahan menjadi orang dewasa.

Salah satu tanda manusia sudah menjadi dewasa adalah dengan tumbuhnya payudara bagi perempuan dan tumbuh jenggot serta jakun bagi laki-laki yang dipengaruhi oleh hormon yang berbeda antara laki-laki dan perempuan,” ujar Boyke pada peluncuran bukunya di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Selain itu, lanjut dia, orangtua harus menjelaskan bahwa hormon jugalah yang kemudian bertugas membentuk sperma bagi laki-laki dan sel telur pada perempuan. Setelah sperma dan sel telur terbentuk sempurna maka laki-laki dan perempuan dewasa dapat menikah serta memiliki keturunan.

“Lalu jelaskan adik bayi terus tumbuh di dalam perut sampai usianya mencapai 9 bulan

. Pada usia ini bayi siap keluar melalui jalan khusus, yaitu vagina. Tapi jelskan juga bahwa adik bayi juga bisa keluar melalui perut dengan cara operasi yang dilakukan oleh dokter,” imbuhnya.

Selain menjelaskan bagaimana bayi bisa lahir ke dunia, dalam buku setebal 73 halaman ini, Boyke dan Sonia mencoba membantu para orangtua memberikan pendidikan seks sejak dini dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

 

Sumber :

https://galuhristyanto.web.id/materi-paragraf-ekspositoris/