5 Tips Mancing Ikan Mas yang Paling Ampuh

5 Tips Mancing Ikan Mas yang Paling Ampuh

5 Tips Mancing Ikan Mas yang Paling Ampuh

5 Tips Mancing Ikan Mas yang Paling Ampuh
5 Tips Mancing Ikan Mas yang Paling Ampuh

Anda sedang mencari tips buat mancing ikan mas? Di kalangan pemancing, ikan mas merupakan ikan yang banyak diburu lantaran memiliki daya tarik tersendiri. Selain rasanya enak, ikan mas juga mempunyai tenaga yang cukup berpengaruh sehingga tarikan yang dihasilkannya pun terasa mantap. Sebuah pujian tersendiri apabila di suatu sesi memancing kita berhasil mengeluarkan ikan ini dari air.

Kebiasaan utama ikan mas ialah mencari makanan yang terletak di dasar air. Ikan ini sangat menyukai jasad-jasad renik dan biota air yang bersembunyi di dalam lapisan lumpur. Oleh karena itu, teknik pemancingan yang paling sempurna digunakan untuk menangkap ikan mas yaitu bottom fishing (pemancingan dasar).

Anda sedang mencari tips buat mancing ikan mas Simak 5 Tips Mancing Ikan Mas yang Paling Ampuh. Agar berhasil memancing ikan mas, ikuti kiat-kiat berikut ini!

1. Pakai Line yang Super

Kenapa sebaiknya memakai line yang super untuk memancing ikan mas? Tujuannya ialah untuk meningkatkan daya kepekaan kita terhadap gerakan line jikalau sewaktu-waktu umpan telah dimakan. Di samping itu, pemakaian line PE juga memiliki kegunaan untuk meminimalisir terbentuknya bayangan pada line sehingga semakin tak terlihat oleh ikan mas. Namun ingat, penggunaan line yang super ini perlu dikombinasikan pula dengan pemilihan joran dan reel yang memadai.

2. Tarik Pada Saat yang Tepat

Ikan mas seringkali hanya menyambar umpan yang jatuh ke air, tanpa melahapnya langsung. Kaprikornus Anda harus peka dalam membedakan mana sambaran dan tarikan melalui gerakan tali senar. Cobalah menaruh jari telunjuk Anda pada line untuk mendeteksi gigitan pada umpan Anda. Ketika senar terlihat bergerak maju dan meliuk-liuk, inilah waktu yang paling sempurna untuk mengangkat kail.

3. Ketuk Joran Pancing

umpan ikan mas – Ada suatu ketika di mana ikan hanya bermain-main dengan umpan kita tanpa berniat untuk memakannya sama sekali. Kalau sudah begini, Anda harus mengejutkan ikan tersebut secara tiba-tiba sehingga mata kail yang dipermainkan oleh ikan mas akan tersangkut ke mulutnya tanpa sengaja. Caranya yaitu ketuk-ketuklah tongkat joran beberapa ketika ketika senar Anda tampak bergerak. Getaran yang disalurkan ke line dan mengakibatkan kail bergerak akan membuat ikan terkaget-kaget. Jika kemudian line terlihat bergerak bebas kesana-kemari artinya itulah ketika yang paling sempurna untuk menarik kail karena umpan sudah benar-benar masuk ke dalam ekspresi ikan mas.

4. Carilah Spot yang Tenang

Semua pemancing bahkan sekelas para profesional pun selalu diawali dari pemula. Kegigihan mereka dalam belajar, menimba ilmu, dan memraktikkannya berbuah pada suatu keahlian yang manis. Salah satunya ialah mencar ilmu dalam menaksir kelayakan spot. Biasanya ikan mas cenderung memilih perairan yang kondisinya tenang. Kaprikornus pilihlah spot yang memiliki kedalaman paling dalam lalu fokus pada lokasi tersebut. Area yang ideal lainnya yaitu jalan masuk keluar masuknya air, di bawah pancuran, tiang penyangga pancuran di tengah kolam, dan pinggiran bak yang menjorok ke dalam.

5. Pilihan Alat Pancing

Alat pancing yang cocok untuk memancing ikan mas antara lain joran yang memiliki ujung yang lembut, dilengkapi dengan pelampung, dan tidak usah memakai katrol. Gunakan pula senar pancing yang berdiameter kecil tetapi berpengaruh serta pasang mata kail nomor enam. Sedangkan pilihan umpannya ibarat pelet, udang rawa, ulat daun pisang, dan ulat bambu.